Kopi Bisa Meminimalisir Resiko Covid 19

Konsumsi kopi secara teratur setidaknya satu cangkir setiap hari tampaknya meminimalisir resiko infeksi COVID-19 yang lebih rendah. Demikian hasil penelitian dari Universitas Northwestern baru-baru ini.

Temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients itu berasal dari analisis terhadap hampir 40.000 peserta di Biobank Inggris. Tim mempelajari kebiasaan diet peserta dari 2006 hingga 2010 dan menghipotesiskan risiko infeksi virus corona berikutnya pada 2020.

Para peneliti secara khusus mengamati konsumsi kopi, teh, daging olahan, daging merah, buah, sayuran, dan ikan berminyak peserta. Setelah menyesuaikan faktor-faktor seperti ras, usia, jenis kelamin, dan faktor lain seperti aktivitas fisik, tingkat BMI, dan riwayat kondisi medis tertentu, para peneliti menemukan hasilnya.

“Konsumsi kebiasaan 1 cangkir kopi atau lebih per hari dikaitkan dengan penurunan risiko sekitar 10 persen COVID-19 dibandingkan dengan kurang dari 1 cangkir per hari,” ungkap para peneliti seperti dilansir NYPost.com, Minggu (12/7).

Menurut para peneliti, saat mengonsumsi secangkir kopi atau 2, 3 dan 4 cangkir kopi per hari kemungkinan positif COVID-19 adalah 0,90, 0,90, dan 0,92. Kopi mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamas

“Konsumsi kopi berkorelasi baik dengan biomarker inflamasi. Dan terkait keparahan dan kematian COVID-19,” tulis penulis penelitian.

Meski secara keseluruhan efek imunoprotektif kopi terhadap COVID-19 masuk akal. Namun para peneliti mengatakan perlu diselidiki lebih lanjut. Humas Ditjenbun

Baca Juga :   Raih Jutaan Rupiah, Petani Milenial Banyuasin Sukses Kembangkan Jahe Gajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *