Kostratani Kementan Link and Match Program Kabupaten Banyuasin

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan program unggulan Kementerian Pertanian sebagai gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan mengoptimalkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan Kostratani dibentuk untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP.

“Kostratani adalah wujud gerakan pembangunan pertanian di Indonesia yang menyelaraskan kemajuan era industrialisasi 4.0. Kostratani berpusat di Kecamatan, karena pembangunan pertanian akan dilakukan dari lapangan, desa hingga kecamatan,” ujar SYL

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, Kostratani menjalankan lima peran utama, yaitu sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, dan pusat konsultasi agribisnis, serta pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

SMK PPN Sembawa sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP Kementerian Pertanian ikut berperan aktif melaksanakan program unggulan Kementan ini, salah satu nya dengan bekerjasama dengan BPP Model Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Salah satu bentuk bentuk kegiatan Kostratani link and match dengan program Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan menjadikan Kabupaten Banyuasin sebagai Pulau Bueh, SMK PP Negeri Sembawa konsen memfasilitasi bibit buah di program Kostratani, setelah sebelumnya memfasilitasi bibit buah untuk Kecamatan Sanga Desa MUBA dan Kecamatan Sembawa dan sekarang Kecamatan Rambutan.

Bertempat di Balai Desa Tanjung Marbu Kecamatan Rambutan (20/4/2021), SMK PP Negeri Sembawa menyerahkan 400 bibit rambutan dalam rangka kegiatan pengembangan desa mitra mendukung Kecamatan Rambutan sebagai Sentra pengembangan buah rambutan.

Kepala Desa Tanjung Marbu Agen dalam sambutannya untuk mendukung program Banyuasin Bangkit Kecamatan rambutan memiliki program “Rambutan Genah” yang artinya gerakan gotong royong dan sholat subuh berjemaah, dengan koordinasi dengan PPL BPP Rambutan untuk menanam buah rambutan, gayung bersambut dengan bantuan buah rambutan dari SMK PP Negeri Sembawa yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca Juga :   Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital

Camat Rambutan Mursal menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMK PP N Sembawa yang mendukung program Rambutan Genah, dengan fasilitasi bibit buah ini, semoga bermanfaat bagi petani di Desa Tanjung Marbu, mendukung program Kabupaten Banyuasin sebagai dorongan kepada desa untuk meningkatkan Pertanian.

Kepala SMK PP Sembawa Mattobi’i menjabarkan SMK PP Sembawa merupakan salah satu UPT BPPSDMP Kementan,yang selain tugas pokoknya menyelenggarakan pendidikan menengah vokasi pertanian, juga mempunyai tugas tambahan menjalan program Kementan salah satunya Kostratani yang inti nya adalah pemberdayaan BPP.

SMK PPN Sembawa sudah sejak satu tahun terakhir bekerjasama dengan BPP Rambutan dan BPP Rambutan merupakan BPP Model dari SMKPPN Sembawa, salah satu bentuk kegiatan adalah desa mitra, dengan memfasilitasi bibit buah sesuai zonasi untuk kecamatan Rambutan, harapannya tentunya bibit rambutan unggul varietas binjai ini bisa ditanam di halaman rumah maupun dikebun sehingga dalam beberapa tahun kedepan bisa menjadi sentra buah, yang berujung pada peningkatan pertanian di desa.

Melalui BPP, diharapkan penyuluh mendampingi pada penanaman dengan persiapan persiapan lobang tanam, diberi pupuk kompos dan tambahan agar hasil dapat maksimal, tambah Mattobi’i.

Koordinator PPL BPP Rambutan Sunarno memaparkan di Kecamatan Rambutan Kostratani dipimpin oleh camat sebagai komando dan Pelaksanaan Harian adalah BPP. BPP merupakan pusat data pertanian seperti kelompok tani, luas tanam dan lain-nya sehingga BPP dapat menjadi penggerak pertanian di Kecamatan.

Sunarno juga menyampaikan akan melakukan pendampingan dalam penanaman bibit buah rambutan di Desa Tanjung Marbu ini. SMK PP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *