oleh

PT Bumi Mekar Hijau Mulai Incar Lulusan Pendidikan Vokasi Kementan

-Berita, General-51 views

Melalui pendidikan vokasi, Kementerian Pertanian berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian khususnya generasi milenial. Hal ini mengakibatkan lulusan dari pendidikan vokasi di lirik beberapa stakeholders salah satunya PT Bumi Mekar Hijau (BMH) Wood Industries. Bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PP Negeri Sembawa melaksanakan rekrutmen calon karyawan pada Program cadet trainee yang dilaksanakan di aula SMK PP Negeri Sembawa (03/06).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. Regenerasi petani merupakan harga mati yang harus segera kita realisasikan bersama”,tegas Mentan SYL.

Menurutnya pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur. “Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru”, tambahnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan “Tujuan pendidikan vokasi pertanian adalah menciptakan job creator dan job seeker yang andal, maju, mandiri dan modern”, tegas Dedi.

Ditambahkan pula oleh Kepala SMK PP Negeri Sembawa diwakili wakil bidang humas Zulkipli menyampaikan Bursa kerja SMK PP Negeri Sembawa siap untuk memfasilitasi apabila ada perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen karyawan kepada alumni.

“Dalam masa pandemi, sekolah menyampaikan apresiasi karena masih ada perusahaan yang melakukan proses rekruitmen karyawan”, tutur Zulkipli.

Human Resources Development (HRD) PT BMH Dheo Anugerah, Dheo menjelaskan PT BMH merupakan rekanan dari sinar mas forestry perusahaan yang bergerak di bidang hutan tanaman industri yang beroperasi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan)

Baca Juga :   Stok Minyak Goreng Dalam Negeri Cukup Banyak

Lebih lanjut Dheo, menjelaskan posisi jabatan untuk proses rekrutment ini adalah supervisor plantation, supervisor nursey, supervisor harvesting.

“Sedangkan tahapan yang harus dilalui sebelum menjadi karyawan tetap di PT BMH adalah training selama tiga bulan. Dheo juga menjelaskan fasilitas selama di lokasi kerja, hambatan di lokasi kerja seperti kekurangan sinyal karena lokasi kerja yang jauh. Yang terpenting adalah komitmen dari karyawan terhadap perusahaan”, tegasnya. SMK PP Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed