Manfaatkan Kunyit, Menjadi Kunyit Instan

Gaya hidup modern telah membuat generasi milenial untuk dituntut hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Kesehatan menjadi point penting dalam kehidupan kita. Untuk menjaga Kesehatan, ada beberapa macam cara, antara lain dengan mengkonsumsi minuman herbal. Dengan mengkonsumsi minuman herbal, khususnya minuman herbal serbuk siap saji

Melalui SMK PP Negeri Sembawa, Selalu berupaya meningkatkan kreativitas siswa melalui pemanfaatan tanaman herbal menjadi minuman herbal yang bisa menyegarkan dan menyehatkan tubuh selain jahe adalah serbuk kunyit.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang kerap disapa SYL mengatakan bahwa pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik.

“Sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional. “Tentunya, untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal, petani harus meminimalisir losses. Berarti, panen dan pascapanen harus dilakukan dengan baik”, Ujar Syahrul.

Senada dengan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang menegaskan bahwa Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm terutama pasca panen dan olahannya untuk menaikkan nilai pertanian.

Disisi lain produk pertanian memiliki karakteristik tersendiri seperti mudah rusak, membutuhkan tempat penyimpanan, sifatnya musiman dan dihasilkan dari pedesaan. Oleh sebab itu, penanganan dan pengolahan produk pertanian tetap tersedia dan memiliki nilai ekonomis. Tegas dedi.

Dapat kita ketahui bahwa daya guna kunyit saat ini semakin berkembang, bisa disajikan secara tradisional atau langsung dibuat minuman segar namun dapat juga dimodifikasi dengan bantuan teknologi agar meningkatkan umur simpan dan daya tarik konsumen ke arah minuman yang lebih praktis.

Baca Juga :   Bersama Komisi IV DPR RI, Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani di Banyuasin

Kunyit memiliki warna kuning yang pekat lantaran mengandung curcumin yang memiliki bermacam khasiat mulai dari antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, antikanker, penurun gula darah dan juga sebagai immunomodulator.

Ruhil Fida menyatakan bahwa mutu pangan yang berkualitas tidak hanya memiliki cita rasa yang enak dan kandungan gizi yang baik, tetapi harus aman bagi kesehatan para konsumennya. Hadirnya minuman serbuk instan ini salah satu produk siap saji, yang menggunakan bahan tanaman herbal yang berbentuk serbuk kering, mudah larut dalam air, praktis dalam penyajian dan lebih awet atau memiliki waktu simpan yang relatif lama karena kadar air yang rendah”.

Untuk membuat kunyit instan menggunakan metode kristalisasi yaitu proses pengolahan yang dilakukan dengan pemanasan pada bahan sampai terbentuknya kristal. Kelebihannya adalah dari sisi biaya yang cukup murah, proses yang cepat dan serbuk yang didapatkan banyak Ungkapnya.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kunyit instan sangat sederhana, yaitu 1 liter air, 450 gr kunyit, dan 500 gr gula. Proses pembuatan yaitu Kupas kunyit lalu bersihkan, Potong kunyit menjadi beberapa bagian selanjutnya tambahkan air dan masukkan ke dalam blender, setelah diblender halus dan saring menggunakan alat penyaringan untuk diambil sari kunyitnya.

Langkah selanjutnya masukkan kedalam wajan untuk dimasak, campur gula pasir, , aduk hingga mendidih dan berwarna kecoklatan. Setelah berubah menjadi kecoklatan tambahkan gula pasir yang tersisa sambil diaduk terus hingga mengkristal.

Selanjutnya, setelah kristal-kristal itu dihaluskan menggunakan blender untuk mendapatkan bubuk kunyit instan. “Harapannya bisa menikmati sekaligus mendapatkan khasiat minuman kunyit instan ini dengan mudah, praktis dan mudah dipasarkan secara luas”, ujarnya. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *