oleh

Mantapkan Persiapan PKL, Siswa SMK PPN Sembawa Ikuti Pembekalan

Kementerian Pertanian terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pertanian. SDM pertanian diharapkan memperbarui dan menambah pengetahuan untuk dapat mengikuti perkambangan zaman.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan SMK PP Negeri Sembawa, salah satu UPT di Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan. Untuk memantapan pelaksanaan yang akan dilaksanakan awal Januari 2022, seluruh siswa yang mengikuti PKL diwajibkan mengikuti pembekalan untuk pemantapan di lokasi kerja.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pertanian yang profesional dapat dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi maupun sertifikasi profesi. “SDM adalah kunci dari pembangunan pertanian. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan produktivitas maka kita harus meningkatkan dahulu SDM-nya,” katanya.

Sementara terpisah Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, juga mendukung upaya pengembangan SDM disegala lini.
“Pengembangan SDM merupakan langkah awal dari proses untuk menentukan uji kompetensi yang dilakukan dapat berjalan sistematis dan objektif, yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, standar internasional, dan standar khusus,” katanya.

Untuk mewujudkan profesionalisme SDM pertanian dalam mendukung pembangunan pertanian Indonesia, salah satu program SMKPP Negeri Sembawa melaksanakan salah satu program untuk meningkatkan kompetensi siswa yaitu dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI).

Sebelum melaksanakan PKL, SMK PP Negeri Sembawa memberikan pembekalan kepada 151 siswa kelas XI sebagai modal untuk masuk ke DUDI, pembekalan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Desember 2022 di Kampus SMKPPN Sembawa dengan menerapkan pratokol pencegahan covid-19.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Mattobi’i dijumpai di ruang kerjanya menyampaikan tentang pentingnya PKL, “salah satu profil lulusan SMK PP Negeri Sembawa adalah memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk dapat menjadi job seeker ataupun job ccreator; untuk mewujudkan itu siswa dibekali dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di DUDI sehingga siswa memilik kompetensi yang baik ketika sudah lulus”, ujar Mattobi’i.

Baca Juga :   Philodendrom, Kembalikan Petani Muda Ke Desa

Ketua Panitia PKL Zulkipli menambahkan tentang materi yang didapatkan siswa PKL, yang menyatakan bahwa “Siswa PKL selama dua hari mendapatkan materi tentang pedoman penulisan umum, analisis usaha tani, pendalaman komoditi setiap program studi serta beberapa pengarahan umum baik dari kepala sekolah maupun ketua komite”.

Pada Tahun 2021 sebanyak 151 siswa akan terjun kelokasi PKL, untuk program studi Agribisnis Tanaman Perkebunan lokasi antara lain Balai Penelitian Karet Sembawam PTPN VII Betung Krawo, PT Pinago, PT Hindoli, PT Lonsum dan kelompok tani kopi Kota Pagar Alam. Program Studi Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura pelaksanaan PKL akan dilaksanakan di PT Jimmagro Inter Mulya, BPP Sembawa, Kelompok Tani Kota Pagar Alam.

Program studi Agribisnis Ternak Unggas akan melaksanakan PKL di CV Candi Farm, Balai Inseminasi Buatan, PT Semesta Mitra Sejahtera dan BPTU-HPT Sembawa, sedangkan untuk program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian tersebar di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian UNSRI, Pakbrik Roti Boby dan PTPN VII Pagar Alam. SMKPP Negeri Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed