Komisi IV DPR RI bersama KEMENTAN Tinjau Ketersediaan dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok di Sumsel

Palembang – Menghadapi tingginya permintaan kebutuhan pokok menghadapi bulanRamadan dan menjelang Idul Fitri, Kementerian Pertanian (Kementan) terus memastikanstok kebutuhan pokok di pasar aman.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan sesuai arahanPresiden Joko Widodo sinergi lintas Kementerian harus terus diperkuat dalam memastikanbahan pokok dapat terjangkau oleh masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber DayaManusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi terus menurunkan satgas pangan untukmengecek langsung kondisi di lapangan.

Dedi menyatakan, jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang menjadifokus perhatian Kementan.

Kementan juga menggandeng Komisi IV DPR RI untuk bahu membahu dalam melakukanpengawalan ketersediaan pangan.

“Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yangluput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalamhal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” ujarnya.

Komisi IV DPR RI bersama tim satgas pangan kementan sumsel melakukan kunjunganlapangan guna meninjau kondisi sebenarnya seperti apa dilapangan.

Titik fokus utama yang menjadi sasaran pokok adalah pasar KM 5 dan Perum BULOG yangada di kota palembang.

“Kami berupaya menjamin ketersediaan pangan di semua daerah dengan menugaskan IDFOOD dan Perum BULOG untuk memenuhi pasokan dan harga pangan pokok, sehinggatidak terjadi gejolak harga pangan dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional”tutur Sudin dalam audiensi di Perum BULOG.

Kementan melalui SMK PP Negeri Sembawa dan Dirjen Horti, ikut melakukan pengawalandan pengamanan ketersediaan pangan menjelang idul fitri 1443.“Kami terus berupaya bekerjasama dengan dinas ketahanan pangan setempat untuk turunke lapangan setiap minggu mengecek stok ketersediaan pangan bagi masyarakat”, pungkasYudi Astoni Kepala SMK PP Negeri Sembawa.

Tim survei pun berbincang dengan beberapa pedagang menanyakan harga bahan pangandan ketersediaan barang dipasaran mulai dari bawang, cabai, daging, ayam, minyak goreng,beras, daging sapi dan ayam, serta telur. Alhasil, kondisi stok dan harga di pasar ini stabil.

Baca Juga :   Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

“Harga ini cukup stabil walaupun ada kenaikan sedikit dibeberapa komoditas seperti dagingdan penurunan harga dikomoditas cabai”, papar purnawati mewakili pedagang pasartradisional KM 5.

Terakhir, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Peternakan Ir. Ruzuan Effendi, M.M iniberpesan kepada konsumen jangan takut berbelanja karna stok tersedia melimpah danharga cukup murah walaupun ada beberapa harga yang naik itu dikarenakan ketersediaanbahan ditingkat petani yg sedikit, namun untuk saat ini sampai lebaran masih aman. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *