Benih Jadi Penentu Produktivitas Tanaman

JAKARTA, – Direktorat Jenderal Perkebunan mencatat, luas areal kebun rakyat yang perlu diremajakan/ direhabilitasi karena tanamannya sudah tua dan/atau rusak sangat luas, yaitu mencapai 1,742 juta hektar (Ha) atau 11,2% dari luas perkebunan rakyat strategis nasional. Bibit menjadi penentu dalam kelangsungan produktivitas dan kualitas tanaman.

“Dalam pelaksanaan peremajaan tanaman perkebunan, bibit atau bahan tanam merupakan pintu masuk yang akan menentukan produktivitas dan kualitas produk usaha pekebun dalam jangka panjang atau satu musim tanam yang umumnya mencapai 25 tahun,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Heru Tri Widarto.

Menurut Heru, kesalahan penggunaan bahan tanam akan menimbulkan kerugian petani selama kurun waktu tersebut. Oleh sebab itu, penyediaan bahan tanam merupakan prioritas pembangunan perkebunan, meskipun dalam pelaksanaannya tetap memerlukan dukungan penyediaan input produksi lain; modal finansial; serta peningkatan SDM petani (jumlah dan kapabilitas).

Untuk memenuhi program peremajaan dan/atau rehabilitasi kebun rakyat tersebut, jumlah benih benih yang diperlukan lebih dari 1 (satu) milyar batang. “Tentunya benih yang disediakan harus merupakan benih yang bermutu, yaitu baik dan benar,” jelas Heru.

Dengan demikian, lanjut Heru, dalam penyediaan benih tersebut selain kegiatan produksi harus didukung oleh kegiatan sertifikasi dan pengawasan yang kuat yang dijalankan sejak proses produksi; distribusi; dan penggunaan di lapangan.

Heru mengatakan, fasilitasi penyediaan bibit untuk para petani semakin penting dilakukan oleh program pemerintah mengingat sebagian besar pekebun merupakan petani kecil yang sebagian besar hanya mengelola kebun kurang dari satu hektar.

Dengan luasan kebun sebesar tersebut, umumnya para petani tidak memiliki surplus yang cukup untuk membiayai peremajaan kebun. Sebagian besar penghasilan mereka hanya diprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Humas Ditjenbun

Baca Juga :   Pengelolaan Semut Api melalui Pendekatan Perilaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *