Dukung Swasembada Gula Konsumsi, Pemerintah Siapkan 75 Juta Mata Benih Tebu Gratis

Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan khususnya Direktorat Perbenihan Perkebunan, tahun 2022 ini menyediakan Benih Tebu secara swakelola melalui kegiatan pembangunan dan pemeliharaan Kebun Benih Datar (KBD) seluas 210 Ha dalam rangka mendukung program swasembada gula konsumsi.

Diperkirakan benih yang dihasilkan dari KBD sebanyak 75 juta mata yang akan dibagikan secara gratis kepada Pekebun yang tergabung dalam Kelompok Tani Tebu untuk program perluasan tebu di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Direktur Perbenihan Perkebunan M. Saleh Mokhtar menyatakan bahwa pada akhir tahun 2021 lalu Kementerian Pertanian telah membangun KBD seluas 210 Ha di tiga wilayah yakni Jawa Tengah seluas 60 Ha, Jawa Barat seluas 60 Ha, dan Jawa Timur seluas 90 Ha.

Ia menjelaskan, Benih hasil KBD tersebut nantinya akan dibagikan kepada pekebun peserta kegiatan ekstensifikasi tebu secara cuma-cuma pada musim tanam tebu untuk pola I tahun 2022.

“Melalui kegiatan ini pekebun akan mendapatkan benih tebu varietas unggul dengan jenis PS 864, PSJT 941, Bulo Lawang, PS 862, NX 14T serta varietas lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan produksi dan rendemen,” ungkapnya.

Dari penyaluran benih tersebut, Lanjut Saleh, maka ada tambahan perluasan Kebun Tebu Giling (KTG) pada tahun 2022 seluas 1.260 Ha di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Sehingga dari KTG tersebut diharapkan berkontribusi untuk peningkatan produksi tebu giling untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi nasional. Tentunya, pada akhirnya nanti akan menguntungkan dan mensejahterakan pekebun,” harapnya. Humas Ditjenbun

Baca Juga :   Kementan Bantu Rp 7 Milyar Pengembangan Perkebunan di Kolaka Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *