Kementan Dorong SDM Kopi Jawa Tengah Tingkatkan Kompetensi dan Kewirausahaan

Semarang – Tak dapat dipungkiri kopi selalu menjadi sorotan baik didalam maupun luar negeri, tak hanya soal rasa atau taste, pasarnya pun turut menarik perhatian dunia. Tantangan yang harus dihadapi saat ini, bagaimana menciptakan SDM yang unggul, tidak hanya kompetensinya tetapi kemampuan dan kemauan hasilkan inovasi dan teknologi yang dapat diadaptasikan di lingkungan sesuai minat dan profesi. Hal tersebut sangat krusial mengingat peluang usaha kopi kian melejit. Untuk itu perlunya memfokuskan pembinaan SDM dalam setiap kebijakan Kementerian Pertanian termasuk Ditjen. Perkebunan.

“Pentingnya meningkatkan kompetensi generasi muda Indonesia, khususnya di bidang pengembangan hilirisasi kopi agar kopi Indonesia semakin dikenal pasar dunia. Kami mendukung berdirinya Nestra Academi, dalam meningkatkan kapasitas SDM, bukan hanya untuk SDM mahasiswa yang mau “melek” inovasi dan teknologi tetapi juga diharapkan seluruh SDM masyarakat Indonesia di berbagai provinsi, bisa mendapatkan bekal yang baik dalam setiap pelatihan dan Pendidikan yang dilaksanakan oleh Nestra Academy,” ujar Dedi Junaedi Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (15/06).

Pada kesempatan yang sama, Eka Yuli Astuti, selaku Senior Advisor Nestra Academi menyampaikan, “Kami siap mencetak generasi muda dari kalangan mahasiswa agar memiliki Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan khususnya dibidang Kewirausahaan sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru serta menciptakan research community environtment dikalangan generasi muda dan tentunya dapat menularkan pengetahuan dan skill nya di daerah masing-masing dan di bidang ilmu yang ditekuni,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Nestra Academy merupakan StartUp yang bergerak dibidang Jasa Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan R&D (Research &Development). Founder StartUp ini adalah Mahasiswa dan Alumni UNNES diawali dengan dimenangkannya kompetisi StartUp Inovasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh BRIN 2021 oleh tim NESTRA. Dengan mentoring dari Dosen-dosen Universitas Negeri Semarang, LSP Cakra Wisata Indonesia, dan para Praktisi DUDI, pada awal tahun 2022 didirikanlah NESTRA ACADEMY. Dimana visi Nestra Academi antara lain Menjadi Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi unggulan, sebagai wahana layanan bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk meningkatkan Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan khususnya dibidang Kewirausahaan sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru serta menciptakan research community environtment dikalangan generasi muda. Humas Ditjenbun

Baca Juga :   Kementan Perkuat Tata Kelola Perkebunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *