Kembangkan AEW, SMKPP Kementan di Sembawa di Banjiri Pengunjung

BANYUASIN – Kementerian Pertanian mulai tahun 2020 menggencarkan program Agro Edu Wisata (AEW). AEW merupakan langkah percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 melalui usaha tani yang dielaborasi dengan sektor pariwisata.

Kebijakan tersebut sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo agar sektor pertanian menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Syahrul menjelaskan, bahwa Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat. Sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian dan peternakan.

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP yang mengembangkan AEW adalah SMKPP N Sembawa. Sebanyak 100 Orang pengunjung yang terdiri dari 48 org siswa, 16 org guru/staf dan 36 org ortu/wali PKBM Homeschooling HSPG Palembang terlihat sangat antusias saat melakukan kunjungan Edukasi pertanian ke Agroeduwisata SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa (10/08).

PKBM Homeschooling HSPG Palembang telah dua kali melakukan kunjungan edukasi pertanian di SMKPPN Sembawa.

“Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan yang kami laksanakan, untuk mengenalkan dunia pertanian siswa kami ajak mengunjungi SMK PP Negeri Sembawa. Tujuan kunjungan adalah pengenalan jenis tanaman, pertanian, perkebunan, dan peternakan. Serta untuk meningkatkan pengetahuan bagi guru sebagai bekal dalam pembelajaran yang akna dilakukan” tutur Rosmaini selaku Kepala Sekolah HSPG

Di pandu oleh Aris Farianto peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang kemudian secara bergiliran berkunjung dan belajar di unit produksi sayur dan buah semusim, demo alat mesin pertanian, perbanyakan tanaman secara vegetatif, kunjungan kandang ayam pedaging dan petelur, penanaman kangkung dan bayam, wisata petik timbang bayar di jambu kristal, serta ke kebun serai wangi dan melihat proses penyulingan serta hasil turunannya.

Baca Juga :   Kapuslatan: Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian Jadi Mesiu Pendampingan Program Kementan

Terlihat anak-anak sangat bersemangat dengan senyum yang menunjukkan kegembiraan ketika memanen jambu kristal di instalasi buah SMKPPN Sembawa, Walaupun kegiatan dilakukan sejak pagi, anak-anak tetap ceriah mengelilingi lingkungan SMKPP Sembawa yang luasnya hampir 100 hektar ini.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni menyambut baik kunjungan ini yang telah menugaskan jajarannya agar mensharing pengetahuan pertanian kepada anak-anak“Ini adalah suatu kehormatan bagi kita selalu menjadi tempat kunjungan edukasi bagi siswa SD, SMP, SMA yang ada di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, kedepannya nanti SMK PP akan lebih bersiap agar mampu menjadi objek Wisata Edukasi pertanian yang lebih recomended.” SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *