oleh

Program Pembangunan KBD dan Perluasan Memberikan Asa Petani

Halomoan Hendratno, SP., MMA : Sub Koordinator Kelembagaan Produksi Benih, Kelompok Kelembagaan Benih, Direktorat Perbenihan Perkebunan)
Fungsional Pranata Humas Ahli Madya : Drs. Nono Suharyono

Pada tahun 2021 sampai dengan 2022 ini pemerintah berusaha mendorong peningkatan produksi melalui program pembangunan kebun benih datar dan perluasan. Kegiatan dirasakan oleh petani memberikan asa ditengah berbagai tekanan yang dirasakan.

Maryono, Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat Konco Tani Rembang, mengapresiasi program yang digulirkan pemerintah. Ditengah tekanan yang berat di rasakan petani pasca dihentikannya pemberian pupuk subsidi.

“Program ini memberikan banyak efek positif antara lain memberikan stimulant, untuk menambah semangat petani. Selain itu ada introduksi teknologi dengan pengenalan varietas baru. Selain itu melalui kegiatan ini petani merasakan kehadiran dengan adanya komunikasi dan pembinaan yang intens”, jelas Maryono.

Kabupaten Rembang sendiri menjadi daerah yang ditunjuk sebagai lokasi penyediaan benih asal Kebun benih dasar yang nantinya mensupply kebutuhan perluasan sebanyak 360 ha di Provinsi Jawa Tengah. Rembang sendiri mendapatkan paket ekstensifikasi seluas 120 ha, sementara Kudus dan Brebes juga mendapatkan perluasan masing-masing 120 ha.

Melalui kegiatan ini petani mendapatkan bantuan cuma-cuma berupa benih, pupuk dan pestisida. Sehingga melalui kegiatan ini dapat memupuk keuntungan di tingkat petani yang berikutnya dapat menjadi modal melanjutkan usaha berikutnya.

Baca Juga :   Kolaborasi SMKPP N Sembawa dan BPP Kostratani Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Banyuasin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed