SMK Kementan Terus Eksis Menjadi Objek Agro Edu Wisata

BANYUASIN – SMK PP Negeri Sembawa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis [UPT] BPPSDMP menerima kunjungan dari PAUD Amalida Mulia, Desa Mainan Kabupaten Banyuasin (04/10) sebanyak 78 orang, yang terdiri dari 36 siswa dan 6 guru pendamping, serta 36 orang tua wali.

Didampingi tim lapangan dan tim humas 78 pengunjung ini bergiliran berkunjung dan belajar di unit produksi sayur dan buah semusim, foto di atas alat mesin pertanian (Traktor roda 4), kunjungan ke kandang ayam petelur dan panen telur, serta wisata petik timbang bayar di kebun jambu kristal.

Terlihat siswa PAUD Amalida Mulia Palembang sangat bersemangat dengan senyum yang menunjukkan kegembiraan ketika menaiki dan berfoto diatas alat mesin pertanian serta saat mengunjungi kebun jambu kristal di instalasi buah SMK PP N Sembawa, Walaupun kegiatan dilakukan sejak pagi, siswa PAUD ini tetap ceriah mengelilingi lingkungan SMK PP N Sembawa yang luasnya hampir 100 hektar.

Kegiatan di Agro Edu Wisata (AEW) SMK PP N Sembawa menjawab tantangan Menteri Pertanian untuk mengembangkan AEW sebagai pemulihan sektor ekonomi di kala Covid-19.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Secara terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi, mengatakan Agro Edu Wisata [AEW] harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat.
“Sehingga agro wisata dapat menjadi tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial, serta usia dini terhadap pertanian dan peternakan,” ujar Dedi.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni menyambut baik kunjungan ini dengan menugaskan jajarannya agar mensharing pengetahuan pertanian kepada anak-anak.
“Ini adalah suatu kehormatan bagi kita selalu menjadi tempat kunjungan edukasi bagi siswa PAUD, SD, SMP, SMA yang ada di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, kedepannya nanti SMK PP akan lebih bersiap agar mampu menjadi objek Wisata Edukasi pertanian yang lebih recomended,” ungkap Yudi.

Baca Juga :   Coguan Inovasi Susu Kerbau Rawa Karya Siswa SMK PP Kementan Juarai Lomba

Kepala PAUD Amalida Mulia, Ida Royani yang juga alumni SMK PP tahun 1987, mengatakan kegiatan hari ini sangat menarik, selama kurang lebih 6 jam kami di SMKPP Sembawa banyak sekali pengetahuan tentang pertanian yang didapat siswa kami disini, selain jaraknya dekat, fasilitasnya juga lengakap. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *