oleh

Benih Kelapa Kopyor yang Menjanjikan

Oleh : 

Dian Hapsari Ekaputri, SP, M.Si (Pengawas Benih Tanaman Ahli Pertama) dan Drs. Nono Suharyono (Pranata Humas Ahli Madya

Kelapa kopyor mempunyai prospek pengembangan ke depan yang menjanjikan. Satu buah kelapa kopyor bisa dijual hingga Rp. 40.000,- per butir dibandingkan dengan kelapa biasa yang hanya sekitar Rp. 10.000-15.000,- per butir. Prospek menjanjikan inilah yang diincar oleh banyak produsen benih. Salah satunya Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Bogor. Kepala PPKS Unit Bogor, Laksmita menyatakan bahwa ‘’perusahan sedang gencar mengembangkan benih kelapa genjah kopyor salah satunya kelapa genjah varietas genjah coklat kopyor. Kebun milik PPKS berada di Pasir Kuda, Bogor ini memiliki beberapa varietas seperti genjah coklat kopyor, genjah kuning kopyor, dan genjah hijau kopyor. Keunggulan dari kelapa genjah kopyor ini adalah pendek dan berbuah lebih cepat ± 3 tahun’’.

Awalnya benih kelapa genjah coklat kopyor diambil dari Pati, Jawa Tengah pada tahun 2015-2016, kemudian diperbanyak dengan kultur embrio sehingga diperoleh bahan tanam yang 100% berbuah kopyor dan buah kopyor per tandan mencapai hampir 100% (lebih dari 99,9%). Sifat 100% berbuah kopyor ini disebabkan karena kelapa kopyor tipe genjah mempunyai karakter genetik berupa cleistogamy yang artinya terjadinya proses penyerbukan pada saat tandan bunga belum mekar/pecah. Sehingga pada saat posisi tandan bunga mekar, maka putik sudah terbuahi oleh serbuk sari dari tandan bunga yang sama (monoecius). Putik yang dalam kondisi terbuahi maka akan mengalami proses perkembangan lajut untuk proses pembentukan zygot calon buah yang baru.

Buah kelapa kopyor digunakan untuk minuman, campuran es krim, dan bahan kue. Harga buah kelapa kopyor bisa 10 kali lipat dari buah kelapa biasa. Harga jual yang menggiurkan ini membuat kelapa kopyor berlomba-lomba untuk dibudidayakan oleh petani. Selain untuk konsumsi, saat ini masyarakat dan perusahaan juga.

Baca Juga :   AEW SMKPP Kementan Jadi Sarana Edukasi Pertanian Representatif di Sumatera Selatan

Produksi benih kelapa genjah coklat kopyor dapat dilaksanakan dengan kegiatan penetapan blok penghasil tinggi dan pohon induk terpilih yang dilakukan oleh pemulia tanaman, perwakilan Direktorat Jenderal Perkebunan, dan Pengawas Benih Tanaman yang berada di pusat dan/atau di daerah. Jika SK Penetapan kebun sumber benih sudah ditetapkan, benih kelapa genjah coklat kopyor yang berada di Bogor tersebut sudah dapat disalurkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed