Instalasi Ayam Petelur SMKPP Kementan, jadi favorite kunjungan Siswa TK

BANYUASIN – Sebanyak 32 Orang pengunjung yang terdiri dari 15 Orang Anak, 15 Orang Wali Murid serta 2 orang guru pendamping dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) KB. Bunda Rosalia terlihat sangat antusias saat melakukan kunjungan Edukasi pertanian ke Agroeduwisata (AEW) SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa (30/11).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, bahwa Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI, Prof. Dedi Nursyamsi, mengatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat. Sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian dan peternakan.

Kegiatan kunjungan edukasi ini merupakan salah satu kegiatan rutin (PAUD) KB. Bunda Rosalia setiap tahunnya. Tercatat sudah tiga kali SMK PP Negeri Sembawa menjadi tempat yang dikunjungi PAUD Bunda Rosa.

Kepala PAU Bunda Rosa menyampaikan SMK PP kami pilih karena kami anggap mempuni dan memiliki ilmu pertanian yang baik disisi lain lokasi PAUD yang tidak berjauhan dengan SMK PP Negeri Sembawa, yang hanya berjarak 6 Km dari PAUD.

“Kami memilih SMK PP Negeri Sembawa menjadi lokasi kunjungan dikarenakan dapat mengajak siswa kami mengenal dunia pertanian sejak dini baik pengetahuan dasar pertanian. Perkebunan, bahkan peternakan” tutur Rosalina selaku Kepala PAUD KB. Bunda Rosalia

Di pandu oleh tim humas dan beberapa karyawan kebun, anak anak diajak berkunjung melihat apa saja yang ada di SMK PP Negeri Sembawa, mulai dari instalasi kebun anggrek, instalasi sapi, instalasi sayuran, green house, instalasi hidroponik, instalasi kandang ayam, wisata petik timbang bayar di instalasi jambu kristal, serta taman Agroeduwisata.

Baca Juga :   Manfaatkan Kunyit, Menjadi Kunyit Instan

Terlihat anak-anak PAUD sangat bersemangat dengan senyum yang menunjukkan kegembiraan ketika secara bergantian memanen telur di instalasi ayam Petelur teaching factory SMKPPN Sembawa.

Salah satu guru prodi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) Ujang Muhammad yang menjadi guide di kandang ayam petelur dengan ceria menjelaskan kepada anak-anak TK bahwa ayam petelur adalah ayam yang dipelihara dengan tujuan utama untuk diambil telurnya.

“Proses pembentukan satu butir telur membutuhkan waktu 25-26 jam. telur terdiri atas tiga bagian utama, yaitu kulit telur (egg shell), putih telur (albumen), dan kuning telur (yolk) telur sangat baik dikonsumsi karena sebagian salah satu sumber protein hewani yang memiliki kandungan asam amino yang baik untuk tubuh.” Jelas Ujang.

Walaupun kegiatan dilakukan sejak pagi, anak-anak tetap ceriah mengelilingi lingkungan SMKPP Sembawa yang luasnya hampir 100 hektar ini.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni menyampaikan semoga kunjungan ini menjadi sumber belajar bagi anak-anak dalam mengenal dunia pertanian sejak dini. Harapan nya dengan mencintai pertanian kedepan generasi penerus ini dapat menjadi petani pengusaha sukses. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *