Mengenal Pertanian Sejak Dini, 56 Siswa TK IT Raudhatun Naqiyah Kunjungi SMKPP Kementan

BANYUASIN – Sebanyak 64 Orang pengunjung yang terdiri dari 56 Orang Anak serta 8 orang guru pendamping dari Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu (IT) Raudhatun Naqiyah SembawaKB terlihat sangat antusias saat melakukan kunjungan Edukasi pertanian ke Agroeduwisata SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa (08/12).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, bahwa Agroeduwisata merupakan pengembangan kawasan pertanian menjadi kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI, Prof. Dedi Nursyamsi, mengatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, teknologinya, dan semuanya harus hebat.

Sehingga agroeduwisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dari usia dini terhadap dunia pertanian.
Kegiatan kunjungan edukasi ini merupakan salah satu kegiatan rutin TK. IT Raudhatun Naqiyah setiap tahunnya.

Beberapa tahun ini SMK PP Negeri Sembawa selalu menjadi tempat yang dikunjungi, karena dinilai mumpuni dan memiliki ilmu pertanian yang baik, serta posisi lokasi TK yang tidak berjauhan dengan SMK PP Negeri Sembawa, yang hanya berjarak 3 Km.

“Di Tahun kemarin kami juga melakukan kunjungan wisata edukasi ke sini. Banyak sebetulnya lokasi kunjungan yang ada di Sumatera Selatan ini khususnya Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.

Namun, kami lebih memilih SMK PP Negeri Sembawa menjadi lokasi kunjungan dikarenakan dapat mengajak siswa kami untuk mengenal dunia pertanian sejak dini baik pengetahuan dasar pertanian, perkebunan, ataupun peternakan” tutur Heri Sumardi selaku Kepala TK IT Raudhatun Naqiyah.

Di pandu Wakil Kepala bidang Humas Ruhil Fida dan beberapa karyawan kebun, anak anak diajak berkunjung melihat apa saja yang ada di SMK PP Negeri Sembawa, mulai dari instalasi tanaman anggrek, lokaso budidaya cabai dan kacang panjang, kandang ternak ayam petelur, kemudian berkunjung ke kebun jambu kristal, hingga melakukan Pemanenan.

Baca Juga :   Mentan Luncurkan Integrasi Simluhtan dan eRDKK Berbasis NIK

Terlihat anak-anak sangat bersemangat dengan senyum yang menunjukkan kegembiraan ketika memanen jambu kristal di kebun jambu kristal SMKPPN Sembawa, Walaupun kegiatan dilakukan sejak pagi, anak-anak tetap ceriah mengelilingi lingkungan SMKPP Sembawa yang luasnya 97 hektar.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni selalu menyambut baik kunjungan kunjungan dari sekolah dan telah menugaskan jajarannya agar mensharing pengetahuan pertanian kepada anak-anak.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kita selalu menjadi tempat kunjungan edukasi bagi anak-anak PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK bahkan Universitas, apalagi TK IT Raudhatun Naqiyah selalu memilih SMK PP dibandingkan dengan tempat lain. Kedepannya nanti SMK PP akan lebih bersiap agar mampu menjadi objek Wisata Edukasi yang lebih recomended”, ujarnya. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *