Kerjasama UPT BPPSDMP Dengan BPPSDM Provinsi Kaltim Selenggarakan Pelatihan KTI

Kaltim – Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur melalui UPTD Balai Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kalimantan Timur bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Dasar. Tigapuluh peserta yang mengikuti pelatihan merupakan pejabat fungsional yang ada di lingkungan Dinas Pertanian Provinsi sebanyak dan tersebar pada berbagai UPT (Unit Pelaksana Teknis). Para peserta tersebut berasal dari unsur Penyuluh Pertanian, Widyaiswara, Fungsional POPT, Fungsional Pengawas Benih dan Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pejabat fungsional dalam menulis artikel ilmiah yang dapat diterima (submit) oleh jurnal ilmiah terakreditasi dengan OJS (Online Jurnal System). Target akhir pelatihan adalah seluruh peserta bisa mengirimkan artikelnya secara langsung ke berbagai jurnal seperti Jurnal AgroSainTa, Jurnal Widyaiswara Indonesia, Jurnal Agrihumanis, Jurnal Triton dan lain sebagainya.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), bahwa peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian harus dilakukan. Peningkatan SDM yang profesional bisa dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi maupun sertifikasi profesi, salah satunya untuk pelaku usaha.

Sementara itu secara terpisah Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan, bahwa “Peningkatan kompetensi SDM yang terbentuk menyatukan tiga hal, yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku. Sehingga para pelaku berupaya aktif berpartisipasi untuk mengembangkan kompetensi kerja beserta turunan-turunannya dalam dinamika perkembangan teknologi yang sangat cepat.”

Pelatihan yang berlangsung selama 6 (enam) hari ini menggunakan metode pembelajaran orang dewasa. Dua widyaiswara dari BBPP Ketindan yang bertindak menjadi narasumber pada pelatihan yaitu Juniawan dan Ahmad Dedy Syatori.

Baca Juga :   Stok Minyak Goreng Dalam Negeri Cukup Banyak

Yang secara resmi kegiatannya dibuka oleh Kepala Dinas dengan harapan agar para peserta memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menggali informasi, teknik-teknis khusus dan masuk ke dalam jaringan informasi para penulis artikel jurnal. Dengan demikian diharapkan kedepan para alumni pelatihan dapat terus menulis dan meningkatkan kapasitasnya secara berkelanjutan untuk ikut serta dalam gerak dinamis pembangunan pertanian di Provinsi Kalimantan Timur. Juniawan/ Yeniarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *