Kopi Hajirocker Dari Banten Muncul di Rakernas HIPMI XVIII, Kementan Siap Kembangkan Kopi Nasional

Presiden RI Joko Widodo, memperkenalkan Kopi Hajirocker yang berasal dari provinsi Banten pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVIII di Nusantara Hall, ICE-BSD, Kamis (31/8).

Menurut Presiden Jokowi, Kopi Hajirocker, menarik. Pasalnya, memilikin keunikan baik pemilihan nama maupun tampilan kemasannya. Pengemasan yang menarik, ia melanjutkan harus dicontoh oleh pelbagai daerah penghasil kopi di Seluruh Indonesia agar ada nilai tambah.

“Seperti ini, Hajirocker Coffee, bagus sekali. Barang-barang seperi ini. Di seluruh Indonesia, baik Robusta maupun Arabica, banyak ditanam, jangan sekali-kali mengekspor bahan mentah seperti biji kopi, buat seperti ini, kuasai pasar domestik,” kata Jokowi sambil menunjukan kemasan kopi Hajirocker.

Menurut Jokowi, Hilirisasi bukan hanya Nikel, namun kopi juga bisa dibuat hilirasi seperti pengemasan kopi maupun gula aren. Dibuat pengemasan yang baik agar menjadi daya tarik.

Menyoal hal itu, Kementerian Pertanian menyambut baik dan siap mengembangkan kopi-kopi lokal. Upaya yang sudah dilakukan Kementan ke arah tersebut diantaranya yaitu pembangunan Nurseri Modern Tanaman Perkebunan di Gekbrong Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Nurseri itu menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merupakan tindaklanjut arahan Presiden RI pada September 2020 untuk membangun pusat pembenihan khususnya komoditas kelapa, jambu mete termasuk kopi.

“Kami mengharapkan, menyambut kerjasama dan kolaborasi semua pihak dalam rangka mengembangkan komoditas kopi ini baik di wilayah sentra-sentra pengembangan kopi maupun wilayah pengembangan. Hadirnya nurseri ini kebutuhan benih terpenuhi baik kuantitas maupun kualitas,” kata Mentan.

Sebagai informasi, Kopi Hajirocker diinisiasi oleh Haji Asep Mulya Hidayat, salah satu tokoh muda Banten yang akrab disapa Elpresidente Hajirocker.

“Saya merasa kaget kopi Hajirocker dapat sampai ke tangan Presiden, ini berkat Doa dan kerja keras kita memberdayakan petanni kopi lokal di Banten, Saya juga tidak lupa menghaturkan ungkapan terimakasih kepada DPD HIPMI Pandeglang dan HIPMI Banten, yang telah menyampaikan Hajirocker Coffee hingga ditangan Presiden.” Ungkapnya.

Baca Juga :   Hadapi El Nino, BPDPKS Kerjasama Dengan UPT Kementan Latih SDM Kelapa Sawit Provinsi Jambi

Saat ini, perkebunan kopi di Banten, mulai saatnya panen, dan sudah tumbuh dengan baik, untuk itu dapat dikembangkan, dengan pengemasan yang menarik, sesuai dengan yang disampikan Presiden Joko Widodo. Humas Ditjenbun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *