BBPP Ketindan Gelar Sosialisasi Pembangunan ZI dan Komitmen Bersama KIP

MALANG – Selasa, 5/3/2024, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan menggelar Rapat Umum, yang didalamnya terdapat beberapa kegiatan. Antara lain sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan), Internalisasi Core Values ASN Ber-AKHLAK, Sosialisasi Capaian Mutu ISO 9001:2015, Sosialisasi Standar Pelayanan Publik, Sosialisasi Komitmen Keterbukaan Informasi Publik/ PPID.

Acara yang dihadiri oleh seluruh pegawai baik ASN dan non ASN lingkup BBPP Ketindan, dibuka dibuka secara langsung oleh Kepala BBPP Ketindan yang baru dilantik 27 Februari 2024 lalu, Nurul Qomariyah menggantikan Sumardi Noor yang pension sejak 31 Januari 2024.

Dalam sambutannya Kepala BBPP Ketindan menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik dalam pembangunan zona integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM.

“Pembangunan ZI berfokus kepada upaya unit kerja dalam memberikan pengaruh terkait integritas. Didalamnya tersusun 6 area komponen pengungkit dan 2 area komponen hasil terkait dengan Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Akuntabilitas Kinerja, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Disamping itu nilai integritas menjadi budaya kerja organisasi yang melekat dan bukan hanya kegiatan yang bersifat administratif saja karena ISO SMAP atau 37001:2016 mampu terintegrasi dengan proses bisnis kerja,”jelas Nurul Qomariyah.

Ia juga menekankan bahwa setiap pegawai harus mentaati kode etik pegawai yang telah ditetapkan serta meneladani nilai-nilai ASN Ber-AKHLAK agar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta budaya kerja yang kondusif.

“Saya mendorong terbentuknya perilaku seluruh pegawai negeri sipil BBPP Ketindan untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas guna terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat,”tambah Nurul.

Sementara itu Kepala Bagian Umum, Ema Ernawati juga menegaskan tentang orientasi pelayanan dalam perwujudan perilaku berorganisasi. Hal ditegaskan kembali ini seiring dengan dibangunnya ASN Ber-AKHLAK di lingkup BBPP Ketindan.

Baca Juga :   Kementan Masifkan Penggunaan Pupuk Organik, Alternatif Tingkatkan Produktivitas

“Intensitas internalisasi Core Values ASN Ber-AKHLAK harus terus ditingkatkan, khususnya dalam kegiatan seperti ini. Karena bagaimanapun juga, loyalitas dalam Ber-AKHLAK harus bisa diterapkan pada pelaksanaan tugas dan fungsi para pegawai BBPP Ketindan sebagai lembaga pelatihan, demi memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat,” terang Ema.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Pembungunan Zona Integritas dan ISO 37001:2016 yang disampaikan oleh Djoko Witono, selaku Ketua Tim Kerja Evaluasi dan Pelaporan, dilanjutkan dengan pemaparan ISO 9001:2015 oleh Astutiningsih, Ketua Kelompok Substansi Program dan Evaluasi, kemudian sosialisasi standar pelayanan publik di BBPP Ketindan oleh Ketua Tim Kerja Kepegawaian dan Tata Usaha, Imam Fatullah, dan diakhiri sosialisasi Komitmen Keterbukaan Informasi Publik oleh Pranata Humas, Yeniarta Margi Mulya.

Kegiatan diakhiri dengan Pembacaan Kode Etik oleh Kepala BBPP Ketindan, dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Komiten Bersama Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Komitmen bersama KIP yang ditandatangani oleh BBPP Ketindan merupakan bentuk nyata BBPP Ketindan untuk mematuhi Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan wujud tekad bersama untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Yeniarta/ Nadief

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *