Antisipasi Darurat Pangan, Kementan Bagikan Pompa Irigasi Gratis di Jawa Timur

Surabaya – Kementerian Pertanian kembali bagikan pompa irigasi untuk sawah tadah hujan atau lahan kering di Jawa Timur. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dalam rapat antisipasi darurat pangan provinsi Jawa Timur, Kamis (2/5) di Surabaya.

“Ini sebagai tidak lanjut dari arahan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman untuk mendorong pelaksanaan percepatan optimalisasi lahan rawa, pompanisasi lahan tadah hujan, dan tumpang sisip padi gogo,” ujar Andi Nur.

Andi Nur mengungkapkan, telah ditargetkan 1.183 bantuan pompa irigasi yang akan didistribusikan dalam waktu 2 minggu kedepan untuk wilayah Jawa Timur.

“Bantuan pompa irigasi ini untuk mengairi 475 ribu hektar laha kering di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur,” tambahnya.

Lebih lanjut Andi Nur mengatakan, potensi pertanian di Jawa Timur sangat besar namun ada tantangan ketersediaan air akibat perubahan cuaca ekstrem yang melanda. Untuk mengatasi hal tersebut Kementerian Pertanian hadir lakukan pompanisasi pada sawah tadah hujan/lahan kering/sawah.

Bantuan akan dibagikan ke petani melalui Dinas kabupaten/kota yang menangani Bidang Tanaman Pangan se Jawa Timur. Kepala Dinas yang hadir juga telah menyatakan komitmen kesanggupannya agar pompa irigasi dapat segera terdistribusi ke petani.

Andi Nur berharap, Kementerian dan Pemda serta pihak terkait lainnya, dapat bersinergi bersama, saling membantu dan terus berkomitmen mengawal hal ini, agar pompa irigasi dapat segera terdistribusi ke petani, dan tantangan darurat pangan bisa teratasi dengan baik dan tepat guna.

“Program ini akan dikawal secara ketat agar bantuan sampai ke petani tanpa kendala,” tutup Andi Nur. Humas Ditjenbun

Baca Juga :   Sumenep Kembangkan Padi VUB Inpari 42

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *