Berkat Sinergi yang Kuat, Petani Berhasil Panen Raya

Tangerang – Kementerian Pertanian (Kementan) terus gencarkan gerakan tanam padi, dan mendorong kelompok tani agar bersinergi dengan berbagai pihak, baik stakeholder maupun pihak swasta terkait. Kini upayanya membuahkan hasil positif bagi petani. Salah satunya, panen raya padi di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (12/05). Kegiatan ini merupakan pengembangan dari Program Smartfarm Academy yang diinisiasi oleh Inisiatif Zakat Indonesia bersama Rohis Lintasarta dan dukungan dari Kementan.

“Kementan sedang menggalakkan produksi padi dan pemberdayaan petani, kami dari segi pemerintah berbangga dan bersyukur dengan kerjasama yang baik ini hingga membuahkan hasil positif bagi petani. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi inspirasi stakeholder lainnya. Tentunya kita membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung program pemerintah demi mensejahterakan petani. Demi meningkatkan produksi, apabila petani membutuhkan bantuan seperti alsintan, silahkan diusulkan, Kementan terbuka. Kami berharap kepada IZI dan Smartfarm maupun pihak lainnya, dapat bersinergi memaksimalkan potensi lahan di Banten agar terjaganya ketahanan pangan,” ujar Heru Tri Widarto, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan.

Heru menambahkan, banyaknya tantangan kedepan, butuhnya konsolidasi lahan dan adanya kejelasan status lahan dengan teknologi pemetaan yang mumpuni. Tentu dalam meningkatkan produksi perlunya diimbangin dengan mekanisasi. Ini sebuah inisiatif cerdas yang bisa direplikasi di wilayah lainnya. Mari sama-sama bangun Banten. Dengan adanya kegiatan ini bisa semakin memperkuat ketahanan pangan termasuk di Banten.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat IZI, Aan Suherlan mengatakan, “Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi dan berkembang terus, petani kita menjadi semakin kuat dan menjadi patriot ketahanan pangan Indonesia. Kehadiran kita, sebagai patriot ketahanan pangan, memberikan dampak positif bagi petani maupun masyarakat.”

Baca Juga :   Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

Turut hadir Feby Ferdinan Syah, selaku Ketua Rohis Lintasarta sekaligus yang mewakili donator dan karyawan Lintasarta, mengapresiasi terealisasinya program Smartfarm, salah satunya kegiatan panen raya. Program ini merupakan partisipasi dalam memberdayakan para petani. Terima kasih atas kerjasama IZI dan dukungan dari Pemda setempat dan Kementan serta seluruh komponen masyarakat, semoga manfaat yang telah diterima akan selalu membawa keberkahan bagi kita semua.

Sementara itu, Kepala BSIP Banten, Ismatul Hidayah mengatakan salah satu program Kementerian Pertanian berupa tanam padi, pompanisasi, olah lahan atau perluasan areal lahan, pemerintah memberikan peluang kepada kelompok tani untuk mengajukan bantuan seperti alsintan.

Sebagai informasi, kegiatan panen ini merupakan pada lahan tidur selama 5 tahun tidak ditanamin, ini merupakan penambahan indek pertanaman dari IP-0 ke IP-100.

Sinergi dalam kegiatan panen raya padi ini mencerminkan semangat, komitmen dan kerjasama yang baik berbagai pihak untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan demi mewujudkan ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani. Peningkatan hasil panen padi diharapkan akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, menciptakan kesejahteraan yang lebih baik bagi seluruh warga. Humas Ditjenbun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *