Bunga Telang Kaya Manfaat

Bunga telang adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan sebagai tanaman liar di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika (Wikipedia).

Tanaman merambat ini, dari jauh sudah menarik perhatian, kombinasi warna bunganya yang ungu berpadu dengan sembur kekuningan dibagian tengah ditambah dengan hijau pupus diarea tangkainya, sungguh mempesona. Ternyata tanaman ini tak hanya menghadirkan keindahan, namun juga memiliki khasiat yang tak ternilai.

Diseduh dengan air panas warna ungu larut diair berubah biru menjadikan larutan ini ingin segera dinikmati, makin nikmat dicampur dengan sedikit air jeruk dan gula batu, jadilah sebuah minuman sehat untuk kebugaran tubuh dan juga dinilai berkhasiat membantu pencernaan.

Bunga telang tidak beraroma, dengan panjang bunga hingga mencapai 7 cm, ditemani dengan daun yang berbentuk elips, dan biasanya bermekaran dipagi hari. Seperti tanaman merambat lainnya, maka batang tanaman bunga telang ini dapat mencapai 250 cm, memiliki cabang yang akan mengeluarkan kelopak bunga, dan akan layu beberapa jam kemudian.

Sebagai tanaman yang masuk anggota suku polong-polongan, tanaman ini akan menghasilkan polong dengan panjang mencapai 13 cm dengan biji berwarna hitam. Dan biji ini dapat digunakan sebagai bahan tanaman baru, manakala kita ingin mengembangbiakkan bunga telang ini. Polong bunga telang Biji bunga telang Dengan warna yang dihasilkan sedemikian menariknya maka, bunga telang dapat dijadikan sebagai pewarna alami, untuk pewarna kue, pudding hingga pemanis sajian makanan, bahkan sebagai bahan kosmetik.

Bunga telang mengandung flavonol, glikosida, antioksidan, peptida, dan amylase, sehingga bila dikonsumsi sebagai larutan the akan dapat membantu dan meningkatkan nutrisi mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, asma, bisa untuk menambah daya ingat, pencahar, anti stress (Kompas, 2020).

Baca Juga :   Inovasi siswa SMK PPN Sembawa Bakso Ikan Sehat, Kaya akan Nilai Gizi

Sebagai tanaman liar yang sangat mudah tumbuh dan mudah dalam perawatan, bunga ini menjadi sangat populer ditengah-tengah herbalis, penghobies tanaman hias, dunia kuliner, hingga dunia kecantikan. NRLA/YENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *