Anggota DPR RI Dorong SMK PP Negeri Sembawa Jadi Polbangtan Banyuasin Untuk Ciptakan Petani Milenial

Di sela-sela masa reses, Komisi IV DPR RI, Riezky Aprilia, SH, MH, melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, salah satu diantaranya SMK PP Negeri Sembawa. Dalam kunjungan tersebut, Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Ir. Mattobi’I, M.P didampingi Kepala Tata Usaha Tri Wuryanto, S.T., M.Si, berserta beberapa staf dan Wakil Ketua I DPRD Banyuasin, Sukardi, S.P, mengatakan kunjungannya sangat tepat, karena SMK PP Negeri Sembawa tempat tumbuhnya generasi-generasi muda pertanian.

Mattobi’I mengungkapkan rasa bangga yang sangat tak terhingga, ibarat kemarau panjang yang disiram hujan satu hari. “Harapan saya begitu besar kepada para Wakil Rakyat, agar dapat mendukung, mendorong, mensuport terhadap tumbuh kembangnya petani milenial. Tak lupa saya sampaikan salam dari Kepala BPPSDMP kepada Rombongan Komisi IV DPR RI, Riezky Aprilia dikarenakan beliau berhalangan hadir”, tambahnya.

“Kami adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertaraf SMK sebagai pencetak lahirnya generasi milenial yang memiliki kompetensi keahlian dalam bidang pertanian, tak hanya sumber daya alam namun sumber daya manusianya juga penting dalam menyokong pembangunan pertanian di Indonesia,” Tutur Mattobi’i.

Ia pun menjelaskan Bahwa SMK PP adalah Sekolah tempat lahirnya SDM Pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. “SMK PP Sembawa, memiliki 4 program study unggulan yang membuat siswa mengerti dari hulu sampai hilir, yaitu : Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Ternak Unggas, serta Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Yang masing masing prodi memiliki komoditi unggulan.,” Jelas Mattobi’i.

“Saya sangat senang sekali bisa melakukan kunjungan ke SMK PP Negeri Sembawa yang memiliki lahan praktik sangat luas 97,8 Hektar, serta mimiliki produk unggulan disetiap jurusannya, seperti perkawinan antara jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Agribisnis Tanaman Perkebunan dalam mengolah serai wangi menjadi minyak serai wangi, sabun serta beberapa produk lain yang bisa dipasarkan oleh siswa ke masyarakat.” ujar Riezky Aprilia, usai melihat sarana prasarana SMK PP Negeri Sembawa.

Baca Juga :   Perkuat Sektor Pertanian Indonesia, Penyuluh dan Petani Siap Hadapi El Nino

Menurutnya, kedepan dirinya bersama teman – teman di Komisi IV juga akan berupaya mendorong SMK PP Negeri Sembawa menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Banyuasin. “Saya sangat ingin di Sumatera Selatan ada Politeknik Pertanian, dikarenakan lokasi kita yang sangat strategis.” tegas Riezky Aprilia.

Sesuai dengan program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menciptakan dan menumbuhkan 2.5 juta petani milenial, kepala BPPSDMP Kementan, Prof. Dedi Nursyamsi terus mendorong petani milenial sektor Pertanian. “Kehadiran petani milenial menjadi sangat penting, karena petani milenial sarat dengan kemampuan pengetahuan Ilmu dan Teknologi”, ujarnya. SMK PP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *