Kementan dan Prov. Sumatera Selatan Sepakat Dorong Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian

Kementerian Pertanian terus melakukan koordinasi dalam rangka penguatan kelembagaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang merupakan salah satu program strategis Kementerian Pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi melakukan koordinasi terkait penguatan BPP dengan Gubernur Sumatera Selatan di Kantor gubernur (9/3/2021).

Dedi menjelaskan program ini merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan, bahwa BPP perlu dioptimalkan peran dan fungsinya dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Dedi menambahkan tentang peran pemerintah daerah dalam penguatan BPP ini. “Penguatan BPP dilakukan dengan penguatan sarana IT, untuk Provinsi Sumatera Selatan telah didistribusikan 117 alat bantuan IT ke BPP di Kecamatan dan akan ditingkatkan ke seluruh BPP”, tambah Dedi.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang menyambut baik kehadiran kepala BPPSDMP menyatakan dukungannya terhadap program penguatan BPP ini, “Perlu adanya forum diskusi agar tujuan kostratani tercapai dengan baik karena tidak setiap provinsi memiliki kebutuhan yang sama.” katanya.

Kemudian gubernur meminta bantuan kepala Badan untuk kembangkan penangkaran benih di Sumatera Selatan minimal untuk memenuhi kebutuhan daerah. “Alat, bahan, lahan kami punya tapi mohon dibantu untuk SDM nya, dan juga jika bisa benih bersertifikat kemudian terdaftar di e-catalog.” ujarnya

Ditambahkan Deru, “saya sangat setuju dengan ide Pak Menteri yang membangun SDM karena yang utama itu SDM nya, percuma alsintan dan teknologi canggih kalau SDM nya kurang.

“Saya akan dukung program pembangunan pertanian, bisa dibilang saya gubernur yang paling siap dan paling mendukung, karena hampir semua penghargaan yang saya terima berkaitan dengan pertanian” tutur mantan bupati OKU Timur dua periode ini.

Baca Juga :   Olah Rimpang Jadi Simplisia Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Turut hadir pada kegiatan koordinasi ini Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Pusat Penyuluhan Kementan, serta Kepala SMKPP Negeri Sembawa. SMK PP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *