oleh

Kunjungi Agroeduwisata UPT Pendidikan Kementan, DWP Dinas Pertanian Sumsel Akan Sinkronkan Program Kerja

Kemeterian Pertanian memiliki program untuk membuat masyarakat lebih tertarik kepada dunia pertanian salah satunya adalah agroeduwisata. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Mendukung program Kementan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI Prof Dedi Nursyamsi menyatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat. Sehingga AEW dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian dan peternakan.

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan BPPSDMP yang terletak di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yaitu SMK PP Negeri Sembawa juga memiliki layanan agroeduwisata untuk masyarakat. Agroeduwisata SMK PP Negeri Sembawa sering kali menjadi tempat berbagai rombongan untuk menambah pengetahuan tentang pertanian.

Kali ini (10/6/2021) Agroeduwisata SMK PP Negeri Sembawa mendapat kunjungan dari Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Selatan.

Rombongan DWP Dinas Pertanian yang diketuai oleh Faiza Bambang Pramono memberikan apresiasi kepada SMK PP N Sembawa yang bersedia menerima kunjungan ini, semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi dan menjadi aspirasi kami untuk mengembangkan potensi Darma Wanita Persatuan di Dinas Provinsi.

Lebih lanjut Faiza menyampaikan, “dalam kegiatan ini kami berharap bimbingan informasi dan komunikasi sehingga dapat meningkatkan kinerja untuk sinkron program kerja kementerian pertanian,” tambahnya.

Ketua DWP SMK PP Negeri Sembawa Martini Yulia Mattobi’i menyambut baik kedatangan ini sehingga bisa sharing tentang program kerja untuk meningkatkan peran DWP.

Baca Juga :   Kementan Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Riset dan Industrialisasi Produk Pangan

Kunjungan lapangan yang dipimpin oleh Kepala Instalasi Lapangan Yoniar Effendi dimulai dengan kunjungan ke kebun serai wangi, instalasi serai wangi, pembibitan jahe merah, pembibitan kelapa sawit, pembibitan eucalyptus.

Ibu-ibu DWP Dinas Pertanian Propinsi Sumsel tampak senang dan antusias walaupun ditengah terik matahari ketika panen petik di lokasi kebun cabai, jeruk BW dan Jambu Kristal.

DIlanjutkan dengan kunjungan ke instalasi ayam petelur untuk merasakan sensasi panen telur langsung di kandang dan pedaging serta instalasi rumah setengah banyang dengan melihat dan membeli koleksi tanaman hias. SMK PPN Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed