oleh

Rapat Koordinasi Kegiatan SIMURP dan Workshop Komoditas Hight Value Crop

Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) merupakan proyek yang bersumber dari Loan Agreement antar Pemerintah Indonesia dengan World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Pengelolaannya ada pada lintas empat Kementerian dan Lembaga yaitu Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertanian. Tujuan proyek SIMURP adalah optimalisasi dan modernisasi layanan sistem irigasi yang efektif, efisien dan berkelanjutan. fokus proyek SIMURP adalah pada kegiatan Climate Smart Agriculture (CSA) atau Pertanian Cerdas Iklim,”

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Penyuluhan (TPHP) Provinsi Sumatera Selatan Bersama SMK PPN Sembawa melakukan Rapat Koordinasi Kegiatan SIMURP dan Worshop Komoditas Hight Value Crop pada tanggal 15 sampai 16 September 2021 di Hotel Harper Palembang. Pada pertemuan tersebut dihadiri Kepala Dinas TPHP Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh PLH Ir. Sri Indah Muryati, M.Si., Darwan Agus, S.P, M.M,. Sementara dari SMK PPN Sembawa yang mengikuti acara tersebut Ir. Mattobi’I, M.P, dan dua orang pegawainya. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), peserta lain yang mengikuti acara tersebut yaitu Dinas Pertanian Tanam Pangan dan Hortikultura dan Penyuluhan Kabupaten Musi Banyuasin yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Penyuluhan Kabupaten Banyuasin yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan , Koroordinator BPP dan POPT Kecamatan Karang Agung Ilir dan BPP dan POPT Kecamatan Lalan, 6 orang Kepala Desa dari Kecamatan Karang Agung Ilir dan 3 dari Kecamatan Lalan, petani milenial, koordinator SIMLUHTAN dari kedua kecamatan serta para petani yang diundang.

Hari pertama pembukaan acara oleh Kepala Dinas TPHP Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh PLH ibu Ir. Sri Indah Muryati, M.Si. Kemudian dilanjutkan laporan pelaksanaan kegiatan oleh bapak Darwan Agus, S.P, M.M,.  Acara dibagi dua kelas yaitu kelas Rapat Koordinasi Kegiatan SIMURP dan kelas Workshop Komoditas Hight Value Crop. Pada kelas rapat koordinasi, SMK PPN Sembawa diwakili oleh Sarwo Edi Winarno, SP dan Ujang Muhammad, S.ST selaku narasumber dan peserta rakor.

Baca Juga :   IPDMIP Siapkan Penangkar Benih Padi

PLH Dinas TPHP Provinsi Sumatera Selatan saat membuka acara menyampaikan kegiatan SIMURP menyampaikan CSA atau pendekatan pada strategi pertanian, pengurangan efek gas rumah kaca, menguatkan dan meningkatkan penyuluhan untuk membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP), Kelompok Wanita Tani (KWT) agar dapat memanfaatkan bantuan pemerintah untuk pengembangan usahanya, peserta yang hadir saat ini agar dapat mensukseskan kegiatan SIMURP di Kecamatan Lalan dan Kematan Karang Agung Ilir. Kegiatan SIMURP yang sedang berjalan sampai saat ini berupa penanaman padi dengan sistem jajar legowo (Jarwo), penggunaan benih padi bersertifikat, penggunaan dan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), pengurangan hama tikus dengan sistem rumah burung hantu (Rubuha). Selain itu beliau mengatakan BBWS diharapkan tetap solid dengan berbagai aspek pada kegiatan SIMURP.

Dilanjutkan penyampaian penanggung jawab kegiatan Rakor Darwan Agus,SP,MM. Salah satu yang disampaikannya kegiatan CSA yang telah berjalan yaitu pembuatan POC, pembuatan pestisida nabati, rumah burung hantu, penguatan BPP, uji emisi gas rumah kaca, pengembangan produk dan jejaring pasar dan pengembangan usaha KWT.

Hari kedua Rakor penyampaian materi CSA (Konsep dan Implementasi) oleh naras umber Sarwo Edi Winarno, SP dari SMK PPN Sembawa. Selain materi yang disampaikan oleh nara sumber, peserta diajak berdiskusi terkait kegiatan CSA. Nara sumber kedua dari BBWS Sumatera VIII, materi yang disampaikan terkait irgasi di wilayah KecamatanKarang Agung Ilir dan Kecamatan Lalan. Diskusi interaktif berlangsung efektif, dan permasalahan atau usulan dari peserta dapat dijawab dan dicarikan solusinya terkait irigasi dan tanggul. SMKPP Negeri Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed