Saka Taruna Bumi SMKPPN Sembawa ikut sukseskan Perkemahan Peransaka Daerah Sumatera Selatan

Perkembahan Peransaka Daerah Sumsel 2021, perkemahan sudah berlangsung sejak 21-24 September 2021, Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka atau Peransaka Se-Sumatera Selatan adalah Sebuah Kegiatan Perkemahan yang dilaksanakan bersama-sama  oleh Perwakilan masing-masing Satuan Karya (SAKA) Se-Sumatera Selatan.

Perkembahan peran saka diikuti oleh 11 kontingen, setiap kontingen terdiri dari 4 putra dan 4 putri dan 2 orang pembina pendamping. Kontingen saka yang ikut serta yaitu Saka Taruna Bumi, Saka Bayangkara, Saka Wira Kartika, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Dirgantara, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti.

Satuan Karya Pramuka (Saka) Taruna Bumi adalah wadah bagi para Pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian. Saka Taruna Bumi Sumsel berada dalam naungan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan Provinsi Sumsel, Pangkalan SMK PP Negeri Sembawa selaku pengurus Saka Taruna Bumi dimana selaku Mabi. Saka Ir. Mattobi’i, M. P. menyampaikan “Saka Taruna Bumi merupakan wadah untuk terus memajukan pertanian di Indonesia dalam tercapainya pertanian yang maju, mandiri dan modern”.

Dalam kegiatan Peransaka, Saka Taruna Bumi mengisi materi mengenai materi pertanian dimana Saka Tarunabumi meliputi 5 (lima) krida, yaitu : Krida Pertanian dan Tanaman Pangan, Krida Pertanian Tanaman Perkebunan, Krida Perikanan, Krida Peternakan, dan Krida Pertanian Tanaman Holtikultura. Materi Krida mengenai Krida Pertanian dan Tanaman Pangan disampaikan oleh Yuli Herlina, S. P, M.Sc., materi Krida Tanaman Perkebunan disampaikan oleh Farulian Purba, S. ST, M. Pd., M. P. dan materi Krida Peternakan disampaikan oleh Erra Kartika, S. Pt., M. Si.

Baca Juga :   Petani Kopi Dapat Paket Bantuan Benih Kopi

Kegiatan Peransaka tahun 2021 berlangsung aman dan kondusif, namun Perkemahan Peransaka ini berbeda dari Kegiatan Perkemahan Pramuka biasanya, karena harus menyesuaikan dengan Protokol Kesehatan Covid-19.

Dengan meriah Perkemahan Peransaka Sumsel 2021 ditutup oleh Waka Kwarda Sumsel Bidang Hubungan Antar Lembaga Prof. Dr. H. M. Edwar Juliarta, MM. Setelah acara ditutup pemenang lomba kontingen di umumnya, dan Saka Taruna Bumi menyabet piala juara 2 Lomba Tenda Bari Putri, kemenangan tersebut menjadi motivasi untuk Saka Taruna Bumi lebih giat lagi dalam berkarya.

Kegiatan yang dilakukan ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan gerakan Pramuka adalah modal sebuah negara dan bangsa, negara dan daerah yang lebih baik.

Pramuka itu intinya adalah kekuatan bangsa yang bagaikan Oksigen yang harus dihirup oleh semua anak bangsa,” kata mantan gubernur Sulsel itu.

Ia juga menegaskan bahwa gerakan pramuka harus menjadi gerakan kemanusiaan yang memiliki kepedulian. Harus peduli lingkungan dan sekitar.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan Kementan tetap berkomitmen untuk terus memajukan dan menambah SDM pertanian yang berkualitas. Sebab, pertanian memiliki posisi penting terkait ketahanan pangan.”Selain SDM pertanian berkualitas, jumlah mereka juga harus diperbanyak. Tujuannya untuk akselerasi pencapaian target berbasis standardisasi tinggi. Dengan begitu, kemajuan pertanian menjadi hal yang nyata,” jelas Dedi. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *