Tingkatkan Daya Saing, Program Studi APHP SMK PPN Sembawa Buat Olahan Ikan Selai Patin

Generasi milenial di percaya sebagai generasi yang sangat dekat dengan teknologi. Tak heran jika mereka selalu terbuka akan inovasi yang nantinya dapat menciptakan nilai tambah lebih tinggi, sekaligus mampu mengembangkan produk yang berdaya saing. SMK PP Negeri sembawa berupaya meningkatkan hasil produk pertanian serta memberikan nilai tambah, pengolahan terus dilakukan.

Untuk menghadapi hasil tangkapan ikan yang berlimpah terkadang masyarakat melakukannya melalui kegiatan pengolahan. Konon yang sering di jumpai dikalangaan mayoritas masyarakat ada yang mengelolanya dalam bentuk tradisional seperti ikan asin, kerupuk ikan dan ikan asap. Sehingga ikan yang diolah memiliki nilai lebih sehingga bernilai ekonomis.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan dalam upaya mewujudkan kemajuan di sektor pertanian dan perikanan yang mandiri, mensejahteraan pertanian dan terus berkontribusi terhadap perekonomian nasional,
dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menegaskan bahwa pangan adalah masalah yang sangat utama.
“Masalah pangan adalah masalah hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya. Banyak yang bisa dikerjakan untuk menaikkan nilai pertanian, khususnya pasca panen. Tuntutannya adalah petani harus berinovasi. Buat terobosan agar hadir produk-produk baru,” paparnya.

Ikan merupakan bahan pangan yang banyak digemari, karena  kaya akan vitamin A, vitamin D, fosfor, magnesium, selenium, yodium, serta kalsium. Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi, namun kelebihan ikan adalah memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya dan nutrisinya sangat mudah diserap tubuh. Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup dikenal di Indonesia, serta mempunyai nilai ekonomis. Rasa dagingnya yang lezat dan gurih sehingga digemari oleh masyarakat.

Baca Juga :   Kopi Sumedang Disukai Warga Istambul Turkiye

Gayung bersambut dengan arahan tersebut, SMKPPN Sembawa melalui Program Studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) melalukan proses pasca panen untuk komodit Ikan, Yuli Herlina sebagai guru produktif APHP mengatakan bahwa tujuan dari Ikan Patin bila diolah menjadi ikan salai Patin (pengasapan ikan) yaitu disamping dapat mempertahankan daya simpan ikan lebih lama, pengolahan ikan dengan cara pengasapan ini dapat pula meningkatkan daya saing dan nilai tambah ikan Patin itu sendiri.

Salai patin merupakan inovasi olahan ikan patin yang dikeringkan agar tahan lama dengan cara diasap. Singkatnya salai patin biasa disebut juga patin asap.

Pengasapan salah satu cara pengawetan dengan memanfaatkan kombinasi perlakuan pengeringan dan pemberian senyawa kimia dari hasil pembakaran. Tujuan utama pengasapan adalah untuk mendapatkan daya awet yang dihasilkan oleh asap, memberikan bau, rasa, bentuk, dan tektur yang khas pada ikan.

Cara pengolahan salai ikan patin ini yaitu ikan patin di lakukan penyiangan dan pencucian. Ikan- telah bersih direndam dalam larutan asam cuka dalam baskom selama 10 15 menit dan ditiriskan. Selanjutnya ikan disusun secara merata di atas jaring kawat. Selama penyalaian ikan dibolak balik agar panas dan asap merata pada kedua sisi ikan sampai kering.

Lama proses pengasapan berlangsung sehari penuh sampai sudah berwarna kuning atau coklat keemasan. Setelah itu api dipadamkan dan ikan dibiarkan sampai dingin. Ikan hasil penyalaian selanjutnya diangkat, lalu kemudian dikemas ujar Yuli.

Penganekaragaman produk dengan bahan baku ikan patin ini juga akan meningkatkan selera konsumen dan akan membantu mensejahterakan masyarakat yang tak hanya Salai ikan patin saja melainkan dapat diolah menjadi masakan dan makanan yang bervariasi seperti gulai ikan salai patin dan beragam masakan lainnya yang tentunya enak dan lezat. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *