oleh

UPT Pendidikan Kementan Komitmen Ciptakan Lingkungan Bersih Narkoba

Peredaran Narkoba di Indonesia semakin hari semakin meresahkan. Sasaran peredarannya pun tidak pandang bulu dari segala usia sampai segala profesi termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebagai salah satu unit pelaksana teknis pendidikan di bawah Kementerian Pertanian, SMKPP Negeri Sembawa berkomitmen untuk berperan aktif mencegah penyalahgunaan narkoba.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, telah berkomitmen mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba dan memastikan seluruh pegawai Kementerian Pertanian bebas narkoba.

Menindak lanjuti arahan Mentan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menginstruksikan kepada pegawai di lingkup BPPSDMP untuk melakukan tes bebas narkoba.

”Sebagai aparatur sipil negara, menjadi suatu kewajiban harus bersih dari Narkoba,” ujar Dedi.

Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Selatan, SMKPP Negeri Sembawa menyelenggarakan Tes Urine untuk seluruh pegawai dan karyawan pada Selasa (9/11/2021). Tes dilakukan di ruang rapat dengan menggunakan pratokol pencegahan covid-19 dengan menjaga jarak.

Kepala SMKPPN Sembawa, diwakili Kasubag Tata Usaha Tri Wuryanto menegaskan bahwa keseluruhan pegawainya harus bebas dan bersih dari narkoba sehingga bisa maksimal dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tes urine ini wajib bagi seluruh pegawai dan karyawan di Polbangtan Yoma sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2018,” tegas Tri.

“Harapan kita bahwa dengan kegiatan yang dilakukan, di instansi dimana kita melaksanakan aktivitas sehari-hari tidak terkontaminasi dengan penyalahgunaan narkotika. Sehingga lingkungan kerja kita menjadi lingkungan kerja yang sehat, bersih dan lingkungan kerja yang terbebas dari narkotika,” ujar Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa hasil tes tersebut akan dilaporkan kepada Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretarian Jenderal Kementerian Pertanian.

Baca Juga :   Kopi Bisa Meminimalisir Resiko Covid 19

Koordinator Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Sumatera Selatan, Ika Wahyu Hindaryati menjelaskan fungsi BNN sebagai lembaga pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba.

Kunci pencegahan narkoba adalah keluarga,
Jaringan sosial yang dekat dengan keluarga, kedekatan yg harmonis sehingga bisa menjadi benteng yang paling kuat, tambah Ika.

Prosedur tahapan tes cukup singkat dan tidak memakan watu lama. Pegawai yang akan melalukan tes urine terlebih dahulu di arahkan untuk mengisi biodata diri lengkap dan menulis riwayat konsumsi obat atau vitamin, usai mengisi biodata peserta diarahkan untuk menampung urine pada tabung sampel dan kemudian menyerahkan kepada petugas BNN. SMKPP Negeri Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed