Siapkan Qualified Job Seeker, SMKPP Kementan Gandeng Charoen Pokphand Group

SEMBAWA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan meningkatkan sumber daya manusia untuk menguasai teknologi baik pertanian, perkebunan dan peternakan.

Kementan juga menggandeng dunia usaha dan industri untuk mengembangkan SDM pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, smart farming dan digitalisasi pertanian sangat penting.

“Karena pertanian saat ini dan ke depannya dihadapkan tantangan besar, seperti bertambahnya jumlah penduduk, keterbatasan lahan dan perubahan iklim,” katanya.

Sementara itu terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan hal serupa.

“Smart farming dan digitalisasi pertanian adalah kunci meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian di tengah perubahan iklim dan hantaman pandemi Covid-19,” katanya.

SMKPP Negeri Sembawa, salah satu pendidikan vokasi di Kementerian Pertanian. SMKPP Sembawa mempertajam kompetensi agribisnis ternak unggas pedaging dengan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. SMS Charoen Pokphand Group.

PKL adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sikron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

PT. SMS adalah salah satu lokasi PKL untuk siswa program studi Agribisnis Ternak Unggas, PT. SMS dalam manajemen pemeliharaan ayam broiler menggunakan kandang close house, dimana unit kandang dikelola secara efektif dan efisien, siswa SMK PP Negeri Sembawa yang melaksanakan PKL disana dapat belajar mengoperasikan berbagai perangkat yang ada untuk mengelola kandang close house.

Siswa PKL diperkenalkan dengan berbagai unit alat yang ada di dalam kandang close house, mulai dari cara mengoperasikannya sampai kepada fungsi alat itu sendiri. Unit peralatan yang penting tersebut terdiri dari kipas (fan), evaporative, climate controler, tirai dan lain-lain.

Baca Juga :   Pertanian Kekuatan Besar Buka Lapangan Kerja

Selanjutnya Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Ir. Mattobiā€™i, mengatakan PT SMS Charoen Pokphand Group merupakan salah satu perusahaan besar bidang produksi ayam pedaging di Sumatera Selatan dan diharapkan siswa dapat belajar untuk menjadi operator kandang yang baik SOP perusahaan. Sehingga kompetensi mereka meningkat dan ketika lulus siap untuk terjun sebagai job seeker. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *