oleh

Solusi Daya Simpan Buah Segar, Siswa SMKPP Kementan Olah Lemon Menjadi Sirup

SEMBAWA – Seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, generasi milenial dituntut untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

Tak hanya berupa produk segar saja, namun produk pertanian dapat diolah untuk meningkatkan nilai tambahnya. Hal ini yang dilakukan oleh Siswa SMK PP Negeri Sembawa, dengan memanfaatkan buah jeruk lemon yang berlimpah mereka mengolah menjadi sirup lemon.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan “sektor pertanian itu sangat strategis, permasalahan di dalamnya juga sangat kompleks dan sangat mendalam, permasalahan terjadi tidak hanya sebatas di produksi, tetapi juga terjadi pada tahapan pascapanen”, tegas Mentan.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan saat ini dibutuhkan SDM andal yang mampu membaca peluang pasar.
“SDM yang tentunya berdaya saing tinggi, berkompetensi dan jeli melihat potensi pasar.
Jangam hanya fokus di budidaya, proses panen, pasca panen hingga pemasaran menjadi kunci dalam keberhasilan sektor pertanian”, pesan Dedi.

Seperti kita ketahui bersama selain proses produksi, penanganan pascapanen sangat berperan dalam mempertahankan kualitas dan daya simpan buah-buahan. Penanganan pascapanen yang kurang hati-hati dan kurang tepat akan memperbesar jumlah kerusakan, selain kerusakan mekanis dan biologis, kehilangan susut bobot selama dalam penanganan mulai dari panen sampai ke pemasaran cukup tinggi berkisar antar 5% – 25% pada buah segar.

Buah lemon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi Lemon, selain memiliki vitamin C, lemon juga mengandung zat gizi essesial, seperti karbohidrat (zat gula dan serat makanan), kalium, folat, kalsium, thiamine, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, ribovlavin, tembaga, asam, pantottenat, dan senyawa fitokimia sehingga biasanya lemon sering digunakan sebagai penambahan rasa pada makanan maupun minuman.

Baca Juga :   Raih Silver Winner AHI 2022, Bukti BPPSDMP Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Pranata Laboratorium Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian [APHP] Desi Apriyani menyatakan bahwa buah lemon memiliki karaketristik buah yang mudah rusak, salah satu usaha untuk memperpanjang umur simpan jeruk lemon dengan mengolah menjadi sirup buah.

Proses pembuatannya yaitu buah lemon dicuci dengan menggunakan air, iris bagi dua lalu ambil sarinya. Kemudian campur semua bahan (sari lemon, air dan gula pasir) masak dengan menggunakan api kecil hingga terjadi buih lalu angkat dan diamkan, setelah itu kemas dalam botol yang telah disterilisasi”, jelasj Desi.

Desi menambahkan rasa asam dan manis dari sirup lemon ini tentunya banyak mengandung manfaat dan faedah untuk menjaga kesehatan kita, terutama meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni pada kesempatan yang berbeda pun menyatakan akan terus meningkatkan kegiatan pembelajaran pada prodi APHP yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian, dan kedepan siswa dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk melihat peluang bisnis pertanian. SMKPP Negeri Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed