Murah Berkualitas, Kementan Fasilitasi Masyarakat Sumsel Dapatkan Pangan Menjelang Idul Fitri 1443 H

PALEMBANG -Kementerian Pertanian [Kementan] melalui Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian [BPPSDMP] bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menggelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional [HBKN] Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah di halaman Kantor Dinas Jalan Kol H Burlian Km 6 Palembang pada tanggal 26-27 April 2022 yang dibuka langsung hari ini.

Gelar Pangan Murah itu diselenggarakan untuk membantu menyediakan 12 kebutuhan pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Kementan pun menjamin ketersediaan bahan pangan pokok, tersedia komiditas pangan pokok dan olehan hasil pertanian dan peternakan langsung dari produsen dan distributor pangan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan, kebutuhan pangan pokok masyarakat tak boleh terganggu sama sekali. Ketersediaan bahan pangan pokok juga tak boleh kurang.

“Pangan rakyat itu tak boleh bersoal. Oleh karenanya, kita harus terus menerus menjamin bahwa bahan pangan pokok rakyat itu selalu tersedia. Kalau sudah begitu, dalam situasi apapun pertanian harus terus berproduksi, agar ketahanan pangan kita terjaga,” tegas Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian [BPPSDMP] Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan dalam kesempatan lain bahwa kegiatan Pangan Murah diselenggarakan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa ketersediaan bahan pangan pokok dalam kondisi yang stabil. “Ketersediaan bahan pangan pokok kita aman kok. Jadi tak perlu ada panic buying. Pasokan pangan kita cukup,” tegas Dedi.

Gubernur Sumatera Selatan diwakili, Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumatera Selatan, Ekawati Retnaningsih, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai tindakan antisipasi terhadap kenaikan harga, baik pada saat Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri, melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Bangun Kepercayaan Publik di Era Society 5.0, Kementan Deraskan Informasi Lewat Humas

Senada dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti pun mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian menyambut baik adanya kegiatan Gelar Pangan Murah Menjelang HBKN Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat meningkatkan daya beli masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Razuan Efendi memberikan apresiasi kepada Kementan atas terselenggaranya Gelar Pangan Murah.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah menggagas acara ini. Tentu masyarakat kami amat terbantu mendapatkan 12 bahan pangan pokok dengan harga yang cukup murah,” tuturnya.

Terpantau beberapa 12 bahan pokok yang dijual di gelar pangan murah beras Rp88.000,00 per 10 kg , jagung Rp8.000,00 per kg, kedelai Rp 8.000.00 per kg, bawang merah Rp39.000 per kg, bawang putih Rp35.000,00 perkg , gula pasir Rp13.500,00, daging sapi 129.000 Per Kg, daging kerbau Rp80.000,00 per kg, daging ayam Rp35.000,00 per kg, telur Rp25.000,00/kg, minyak goreng Rp22.000/liter.

Terdapat juga pangan olahan yang memudahkan masyarakat untuk keperluan lebaran seperti sosis, kue-kue lebaran, buah-buahan, ikan asin, sayuran. Turut berpartipasi UPT Pendidikan Kementan SMKPP Negeri Sembawa dari Banyuasin.

Walaupun diguyur hujan, masyarakat Palembang dan sekitarnya tetap berangsur datang mengunjungi pangan murah berkualitas ini. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *