oleh

Penuhi Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Raya, Kementan Gelar Pangan Murah di Provinsi Sumatera Selatan

Penuhi Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Raya, Kementan Gelar Pangan Murah di Provinsi Sumatera Selatan

PALEMBANG – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar Pangan Murah. Kali ini giat yang bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pangan dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 H ini berlangsung di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pangan dan pertanian adalah sektor vital yang tidak boleh berhenti sedetikpun. “Dalam kondisi dan situasi apapun, pertanian dituntut untuk terus berproduksi, dituntut bisa memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat, oleh karena itu, pertanian tidak boleh berhenti,” ungkap Syahrul.

Sejalan dengan itu, Kementerian Pertanian (Kementan) terus memastikan stok kebutuhan pokok di pasar aman dalam menghadapi tingginya permintaan kebutuhan pokok menghadapi bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Maka, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kementan melalui Tim Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan Bahan Pangan Pokok terus bekerja maksimal secara maksimal untuk memastikan stok pangan dan harga stabil di pasar.

“Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” ujar Dedi.

Baca Juga :   Dorong Pertanian Berkelanjutan, Kementan Bersama DPR RI Kembangkan Pupuk Organik

Hadir mewakili Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumatera Selatan, Ekawati Retnaningsih yang menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai tindakan antisipasi terhadap kenaikan harga, baik pada saat Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri, melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center Sumatera Selatan (27/04).

Senada dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti pun mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian menyambut baik adanya kegiatan Gelar Pangan Murah Menjelang HBKN Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat meningkatkan daya beli masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Tak hanya memastikan stok pangan dan harga stabil di pasar, kami pun melibatkan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dibawah naungan Kementan yakni SMKPP Sembawa untuk mensukseskan gelar pangan murah ini. Berbagai produk hasil dari kelompok Penumbuhan WIrausahawan Muda Pertanian (PWMP) pun di sajikan dengan dengan harga khusus. Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 26 April hingga 28 April 2022 ”, ungkap Idha.

Idha pun berharap dengan adanya Gelar Pangan Murah ini, dapat membantu meringankan beban biaya belanja yang harus dikeluarkan oleh masyarakat dengan harga yang normal sebagaimana hari biasa.

Terkait stok pangan dan stabilitas harga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Ruzuan Effendi mengatakan sampai hari ini dari hasil pemantauan kami di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk stok dari 12 bahan pangan pokok cukup. Ketersediaan pangan juga cukup untuk memenuhi kebutuhan di Sumatera Selatan dan harga pun cukup stabil,” tegas Ruzuan.

Baca Juga :   Metode Unggul Perbanyakan Kelapa Kopyor

Ruzuan pun menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran yang telah bekerja keras dan tanpa henti terus bekerja untuk meningkatkan kapasitas petani serta menumbuhkembangkan pengusaha pertanian yang maju, mandiri dan modern. SMKPP Negeri Sembawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed