Sharing Knowledge, SMK N 1 Katibung Kunjungi SMKPPN Kementan di Sembawa

BANYUASIN – Sebanyak 14 Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Negeri 1 Katibung Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung berkunjung ke SMK PP Negeri Sembawa (13/06). Kunjungan dilakukan untuk sharing knowledge atau pertukaran informasi terkait pembelajaran khususnya teaching factory yang ada di SMK PP Negeri Sembawa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) pun mendukung setiap langkah yang dilakukan oleh seluruh unit kerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dibidang pertanian. “kita akan terus berupaya meningkatkan SDM di Bidang Pertanian, agar pertanian di negeri kita semakin baik dan semakin berkembang”, ujar Mentan SYL.

Ditambahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.

“Saat ini ada keterbatasan dalam mencetak SDM Pertanian di tingkat Sekolah Menengah, karena itu kita gandeng sekolah sekolah pertanian yang ada di Daerah, dikarenakan kita sangat membutuhkan SDM yang berkualitas”, ucap Dedi.

SMK Negeri 1 Katibung merupakan salah satu sekolah yang terpilih menjadi sekolah binaan Kementerian Pertanian (Kementan) yang ada di Provinsi Lampung. Memiliki jurusan yang sama dengan SMK PP Negeri Sembawa yaitu jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, SMK 1 Katibung memilih SMK PP Negeri Sembawa sebagai patner, agar sistem pembelajaran yang cocok dapat diadopsi untuk pembelajaran di sana.

“Kami berupaya meningkatkan kompetensi lulusan disekolah agar nantinya siswa yang telah lulus dapat menjadi job seeker dan job creator, kemudian setelah berkunjung kesini kami akan mulai melakukan penerapan ilmu yang kami peroleh” Ujar Suparman Kepala SMK N 1 Katibung

Baca Juga :   Ketersediaan Dan Harga Bahan Pokok di Maluku, Aman dan Terkendali

Terlihat antusias sekali rombongan SMK N 1 Katibung saat berkunjung ke kebun jambu kristal, pembibitan buah, dilanjutkan ke tempat Pengolahan Serai Wangi menjadi Minyak Serai, kemudian melihat beberapa produk turunan dari minyak serai. Beberapa tenaga pendidik sangat bersemangat ketika berada di lokasi pembibitan kelapa sawit, dikarenakan komoditi kelapa sawit juga sangat populer di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni bersama Wakil Kepala Sekolah semua bidang, menyambut baik kedatangan rombongan SMK N 1 Katibung.

“Sebagai salah satu misi sekolah kami adalah sebagai pusat belajar pertanian yang tentukan siap untuk melakukan sharing knowledge baik terkait teaching factory ataupun lainnya, tentunya dengan terus melakukan upgrade terhadap layanan pembelajaran bagi peserta didik kami.” Ujar Yudi.

“Usaha mengembangkan teaching factory yang ada disekolah kami tentunya terus dilakukan yg berfokus bagaimana SOP yang ada di industri diterapkan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik, setelah Dunia Industri Dunia Usaha (Dudi) membantu kami dalam Penyelarasan kurikulum tentunya fokus selanjutnya penerapan SOP industri di sekolah.” tandas Yudi. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *