AEW SMKPP Kementan Jadi Sarana Edukasi Pertanian Representatif di Sumatera Selatan

BANYUASIN – Kementerian Pertanian terus berupaya menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap dunia pertanian, salah satunya dengan Agroeduwisata.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan, Agroeduwisata merupakan kegiatan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, juga sebagai kawasan wisata.

Senada dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengatakan Agro Edu Wisata (AEW) harus hebat, termasuk infrastrukturnya, pertanamannya, dan semuanya harus hebat. Sehingga agro wisata dapat dijadikan sebagai tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial dan usia dini terhadap pertanian dan peternakan.

Diatas lahan seluas hampir 100 hektar, salah satu UPT Pendidikan Kementerian Pertanian yaitu SMKPP Negeri Sembawa, Banyuasin, Sumatera Selatan menjawab tantangan pengembangan Agroeduwisata ini dengan terbukti frekuensi kunjungan yg sangat tinggi.

Kali ini Rombongan SMA IT Al-Furqon Palembang yang terdiri dari 128 orang mengunjungi Agroeduwisata SMKPPN Sembawa.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA IT Al-Furqon Dafit Sahri menyampaikan bahwa SMKPPN Sembawa adalah tempat yang representasif untuk edukasi pertanian, perkebunan, dan peternakan. Harapan kami siswa kami dapat memahami tentang pertanian.

“Selain itu kedepan sekolah kami akan memagangkan siswa kami disini untuk belajar tentang pertanian seperti tahun sebelumnya, hasil dari magang sebelumnya disekolah kami sudah memiliki instalasi hidroponik.” Tambah Dafit.

Kepala SMK PP Sembawa Yudi Astoni menyambut baik kunjungan ini, dan berharap wawasan yang didapat dapat menambah cinta generasi muda terhadap dunia pertanian.

Yudi menyampaikan agar kunjungan edukasi efektif rombongan akan dibagi menjadi empat kelompok yang secara bergantian akan mengunjungi unit produksi sayur dan buah semusim (hidroponik), workshop/demo alsintan pertanian, perbanyakan tanaman secara vegetative, kebun anggrek tanah kandang ayam petelur, petik timbang bayar di kebun jambu kristal, kunjungan Kebun Serai wangi, melihat proses penyulingan dan melihat produk-produk turunan minyak serai wangi. SMKPP Negeri Sembawa

Baca Juga :   Kementerian Pertanian Laksanakan kegiatan Pasar Tani Murah untuk Masyarakat Ternate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *