SMKPPN Kementan Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

PALEMBANG – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menyatakan pertanian telah terbukti mampu menjadi salah satu bantalan ekonomi nasional disaat Indonesia dan juga dunia mengalami krisis pandemi. Tidak sedikit di antaranya, komoditas Indonesia banyak yang menjadi komoditas unggulan di pasar internasional.

“Kita harus percaya diri menyatakan bahwa kita memiliki sistem dengan kerja sama yang sangat baik, keterlibatan para bupati dan gubernur secara baik. Pangan kita pun cukup bisa menghadapi berbagai macam gejolak,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian pada Kementerian Pertanian RI (BPPSDMP Kementan) Dedi Nursyamsi terus melakukan penguatan kapasitas penyuluh bagi pemberdayaan petani. Hal ini agar mampu menerapkan rekomendasi inovasi teknologi pada tanaman pangan untuk mewujudkan mandiri pangan ini.

Baru- baru ini Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melauncing “Gerakan Sumsel Mandiri Pangan” (GSMP) di Halaman Parkir OPUlI Mall Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan inj dilakukan dalam rangka mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tersebut, SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa turut serta mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dalam expo GSMP yang digelar 20 – 21 Desember 2022.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini ditujukan kepada masyarakat Sumatera Selatan melalui dinas dan pemerintah kabupaten untuk melakukan pemberdayaan masyarakat desa dan perkotaan di Provinsi Sumatera Selatan dalam memanfaatan pekarangan ataupun halaman rumah untuk melakukan kegiatan bercocok tanaman baik sayur-mayur, cabe, tanaman obat, dan umbi-umbian secara mandiri, bukan hanya bercocok tanam masyarakat juga diajaka untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga dengan cara memelihara ikan den berternak ayam sendiri.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat mulai merubah pola pikir dari pembeli (konsumtif) menjadi produktif untuk bisa menghasilkan tanaman sendiri agar mengurangi pengeluaran konsumtif yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan keluarga.

Baca Juga :   Kementan Perkuat Kapabilitas, Demi Akselerasi dan Optimalkan Program Pembangunan Perkebunan

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni menyampaikan dalam expo GSMP sekolah kami menampilkan beberapa produk hasil pertanian seperti cabe, jambu kristal, sayuran, daging ayam, telur ayam, produk hasil olahan pertanian dari serai wangi serta bibit tanaman buah-buahan.

Turut memeriahkan expo Dinas dan Pemerintah Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan diantaranya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyusin, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Oku Timur dan beberapa perusahaan benih tanaman yang di undang dalam kegiatan Expo tersebut. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *