Sambut Nataru, SMK PP Negeri Kementan Dukung Ketersediaan Cabe di Pasaran

BANYUASIN – Produk Unggulan SMKPP Negeri Sembawa siap mendukung ketersediaan pangan dan pengendali inflasi, salah satunya ketersediaan cabe di pasaran khususnya Banyuasin dan sumatera Selatan pada umumnya.

Hal yang dilakukan SMK PP Negeri Sembawa ini menjawab harapan menteri pertanian agar UPT di daerah ikut menjaga ketersediaan pangan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan jajaran nya untuk memantau dan menjaga ketersediaan pangan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Tugas Kementan menjaga ketersediaan pangan, Presiden juga minta kepada semua Menteri dan semua pihak yang terkait dengan pertanian untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan Tahun Baru,” jelas Mentan Syahrul.

Secara terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang amat krusial. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional, yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat.

Fluktuasi harga cabe di pasaran sangatlah tidak stabil yang disebabkan karena ketersediaan cabe yang tidak stabil juga, apa lagi jika menjelang hari-hari besar misalnya hari Natal dan tahun Baru seperti sekarang ini sangat diperlukan ketersediaan pangan yang stabil di pasaran untuk menopang harga pangan Nasional.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni dan didampingi oleh Koordinator lapangan Aries Farianto menuturkan bahwa SMK PP Negeri Sembawa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Lingkup Kementerian Pertanian turut andil dalam Mendukung ketersediaan pangan Nasional dan ketersediaan pangan menghadapi natal dan tahun baru.

Produk cabe merupakan merupakan produk unggulan hasil dari produk teaching Factory dari program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) yang ada di SMKPP Negeri Sembawa.

Baca Juga :   Logistik Benih Membangun Sistim Perbenihan Progresif, Mandiri dan Berkelanjutan

Jenis cabe yang di tanam adalah jenis cabe merah kriting Akar dimana cabe jenis akar ini dianggap sangat cocok dan bandel untuk dibudidayakan di lingkungan SMK PP N Sembawa, jumlah populasi tanamannya lebih kurang 3000 batang, Panen di lakukan 3 hari sekali dan untuk satu kali panennya bisa mencapai 120 kg, dengan produksi cabe di SMK PP N Sembawa ini diharapkan akan mendorong akan kestabilan harga dan persediaan cabe di pasaran. SMKPP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *