Hadapi El Nino, BPDPKS Kerjasama Dengan UPT Kementan Latih SDM Kelapa Sawit Provinsi Jambi

Jambi – Perkebunan memiliki peran penting dan berpotensi besar dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Kebijakan pembangunan perkebunan pertanian fokus kepada komoditas perkebunan yang sangat berperan besar di bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Bapeltan Jambi sebagai UPT BPPSDMP, melakukan pelatihan untuk pengembangan Sumberdaya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS).

Dalam Pengembangan SDM tetsebut, BPFPKS bersama Bapeltan Jambi memberikan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Angkatan III dan IV dengan total peserta 50 orang dengan masing-masing Angkatan 25 orang, yang berasal dari Kabupaten Merangin selama lima hari tanggal 10 s.d 14 Juli 2023 di Bapeltan Jambi.

Hadir pada acara tersebut Direktur Perlindungan Tanaman Direktorat Jendral Perkebunan, Hendratmojo Bagus Hudoro, M.Sc.  Plt Kepala Dinas Perkebunan Kab. Merangin, Pejabat Stuktural Balai Pelatihan Pertanian Jambi,Widyaiswara serta segenap unsur panitia.

Saat membuka pelatihan, Hendratmojo Bagus Hudoro mengatakan, peningkatan kelapa sawit sebagai sumber daya alam yang potensial. Tingginya permintaan minyak sawit oleh masyarakat dunia, membuat indonesia mengikrarkan rencana mengembangkan perkebunan kelapa sawit yang terbesar dan bertekat menjadi penghasil minyak sawit di dunia dimana perkebunan kelapa sawit memegang kostribusi yang besar dalam hal ekspor, Ungkapnya.

Beliau juga berharap, dengan terlaksananya pelatihan ini peserta pelatihan dapat menambah pengetahuan  untuk meningkatkan kualitas perkebunan sawit di masa depan. “Materi-materi yang diberikan dapat dicermati baik itu dari aspek benih, OPT, pemeliharaan, serta tata kelola panen dan pasca panen. Apalagi dalam kondisi menghadapi El Nino ini,” tambahnya.

Para pemateri berasal dari widyaiswara, praktisi dan fasilitator lainnya yang kompeten. Selain pemberian materi dikelas juga praktek dilahan praktek, serta kunjungan lapangan.

Baca Juga :   Kinerja Sawit Harus Dijaga dan Ditingkatkan

Dengan dilaksanakannya  Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani tentang produksi, produktivitas serta mutu perkebunan usaha kelapa sawit secara berkelanjutan. (Puji Lestari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *