Sehat dan Nikmat, Mie Herbal Produksi SMK PP Negeri Sembawa

Mie merupakan produk yang paling digemari oleh konsumen, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Makanan yang siap saji, praktis dan mudah di padukan dengan berbagai olahan. Penerapan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat lambat laun semakin mulai tumbuh, pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tentu penting. (8/2/2021)

Melihat hal tersebut, Lab APHP SMK PP Negeri Sembawa membuat olahan mie herbal yang terbuat dari air rebusan kayu secang yang memberikan warna merah, sangat menyehatkan karena tanpa menggunakan bahan pengawet. Kayu secang sendiri mengandung komponen aktif Brazilien yang termasuk dalam senyawa flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan.

Pranata Laboratorium SMK PP Negeri Sembawa, Desi Apriyani, S.ST menuturkan, bahwa produk olahan mie merupakan produk makanan favorit banyak orang sehingga agar tetap menjadi makanan yang menyehatkan, diperlukan inovasi untuk membuatnya yaitu dengan memanfaatkan bahan herbal seperti rebusan air dari kayu secang untuk di tambahkan dalam pengolahan mie yang sekaligus dapat memberikan merah secara alami.

Soal pengolahan produk mie herbal ini menurut Desi sama seperti proses pembuatan mie pada umumya, akan tetapi mie herbal ini hanya membuat mie basah yang nantinya dapat diolah lebih lanjut untuk beragam makanan. Bahan-bahan yang digunakan yaitu tepung terigu, air rebusan kayu secang, tepung tapioka, telur dan garam. Proses pembuatannya, mie herbal ini tidak menyertakan bahan pengawet dan zat pewarna, sehingga warnanya alami dari hasil perebusan kayu secang itu sendiri. “ujarnya.

Menurutnya, pembuatan mie herbal ini tidak terlalu sulit dan bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain enak dan menyehatkan, mie herbal ini bisa di padukan dengan berbagai olahan seperti bakso, mie ramen, dan mie tumis.

Baca Juga :   Raih Jutaan Rupiah, Petani Milenial Banyuasin Sukses Kembangkan Jahe Gajah

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mattobi’i, M.P. menyatakan bahwa mie herbal merupakan inovasi varian rasa baru yang dihadirkan dari Lab. APHP SMK PP Negeri Sembawa “Kita melihat peluang semakin banyaknya masyarakat yang tertarik akan makanan sehat dan bergizi, maka hadirnya mie herbal ini akan menjadi varian rasa baru dalam dunia kuliner dan mampu meningkatkan nilai jual hasil pertanian menjadi produk olahan yang berkualitas tinggi”, ujarnya.

SMK PP Negeri Sembawa yang merupakan UPT Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mampu menjawab tantangan Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi yang mengharapakan bahwa pembangunan pertanian harus mencakup keseluruhan yaitu dari hulu sampai hilir. Inovasi mie herbal SMK PP Negeri Sembawa sebagai bentuk terwujudnya harapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yaitu pertanian maju, mandiri dan modern. SMK PP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *