Melalui BPP Kostratani Sembawa, SMK PP Distribusikan 600 Bibit Jambu Kristal untuk Kelompok Tani

SMK PPN Sembawa sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan 600 bibit jambu Kristal untuk 5 kelompk tani yang ada di Kecamatan dalam rangka mendukung Kecamatan Sembawa sebagai Sentara pengembangan jambu Kristal.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa 16 Maret 2021 di BPP Kecamatan Sembawa, yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian, diwakili Kabid Hortikultura, Camat Sembawa sebagai Komando Kostratani Kecamatan Sembawa Nurlela, S.Sos, Korlap BPP Sembawa Rita Hasyani, SP dan DPRD Kabupaten Sembawa Sriyatun, SP, Kades Pulau, Mainan dan Limbang Mulya serta Kelompok tani.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian pertanian untuk mendukung kegiatan pertanian di tingkat kecamatan, melalui kerjasama dengan BPP. Sesuai dengan paparan Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa UPT Kementerian Pertanian harus berperanan untuk menggerakan pembangunan pertanian yang ada di daerahnya, berkeja sama dengan BPP yang ada di Kecamatan.

Selanjutnya Kepala BPPSDMP Dedi Nursaymsi, menyatakan bahwa UPT Kementan termasuk SMKPP Sembawa, selain menyelengarakan program pendidikan vokasi juga memiliki tugas untuk mendukung pembangunan pertanian dengan bekerjasama dengan BPP Kecamatan yang ada didaerahnya.

Nurlela, S.Sos, selaku Camat sekaligus Komando Kostratani Kecamatan Sembawa, sangat mendukung kegiatan kerjasma kemitraan antara SMK Sembawa dengan kelompok tani, khususnya dalam pengembangan Jambu Kristal di Kecamatan Sembawa. Sebagai Komando Kostratani, mengharapkan pengembangan kerjasama tidak hanya terbatas program pengembangan jambu krital saja tetapi, dalam bentuk kerjasama yang lain juga.

Melalui Kabid Hortikultura, Kadis Pertanian Kabupaten Banyuasin, menyatakan menyambut baik dukungan SMK PP Sembawa, khususnya penyerahan bibit jambu Kristal melalui BPP Sembawa ke kelompok tani yang tersebar di 4 desa. Hal ini sesuai dengan SK Bupati Banyuasin bahwa Kecamatan Sebagai Sentra pengembangan Jambu Kristal.

Baca Juga :   Lewat Rembug Utama, Kementan Dukung Penas XVI 2023 Padang

Rita Hasyani, SP Korlap BPP Sembawa, menyatakan dengan ada kerjasama ini, maka program yang dicanangkan dari Kabupaten Banyuasin dan Kementan dapat direalisasikan oleh kami para penyuluh, karena penyuluh memberikan bimbingan teknis dan menghimbau mengerahkan para petani dalam kegiatan budidaya, untuk permodalan, sarana prasaran dan saprodi, mungkin pihak terkait dari Pemda dan Kementan kita perlu mejalin kemitraan dengan pihak terkait.
Selanjutnya bibit jambu kristal akan di distribusikan dan ditanam di BPP Sembawa 50 bibit, Desa Mainan 250 bibit, .Desa Pulau Harapan 75 bibit, Desa Rejodadi 150 bibit, Desa Sembawa 150 bibit dan Desa Limang Mulia 75 bibit.

Kepala SMK PP Sembawa, menyatakan bentuk aksi dari tugas SMK PP Sembawa sebagai UPT Kementan, menjalin kersama dengan BPP Kecamatan Sembawa dan BPP Kecamatan Rambutan, BPP Sanga Desa untuk penguatan peranan BPP sebagai pusat data, pusat gerakan pertanian, pusat belajar, pusat kerjasama. SMK PP Negeri Sembawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *