oleh

BBPPTP Surabaya Lakukan Aksi Gerakan Pengendalian Uret Tebu

Balai Besar Perbenihan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya melakukan aksi gerakan pengendalian uret tebu di Gapoktan Harapan Makmur Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Hadir pada kegiatan seluruh petugas Penyuluh Lapang Kecamatan Puncu, Camat Kecamatan Puncu, Kepala Desa Gadungan, Petugas Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, General Manager PG Pesantren Baru. (10/6/2021)

BBPPTP Surabaya memberikan Bantuan Perangkat Pengendalian berupa 200 unit Jaring, dan 200 unit peralatan penunjang berupa bambu, kawat dan lainnya yang digunakan untuk pengendalian uret tebu seluas 100 Hektar serta pembinaan yang dilakukan oleh petugas Balai dibantu petugas lapang dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri. Gerakan Pengendalian Uret Tebu merupakan salah satu contoh bentuk pengendalian yang melibatkan masyarakat/petani. Petani dituntut aktif dalam menjaga kebunnya.

Dalam aksi tersebut dilakukan pemasangan alat pengendalian berupa penunjang pemasangan jaring yang dipasang karena akan memasuki musim hujan dimana siklus hidup uret tebu telah memasuki imago/kumbang. Bantuan tersebut sebagai pendukung dalam pelaksanakan gerakan, juga diberikan pada petani upah pengendalian mekanis, pemasangan perangkap serta pengamatan hasil kumbang yang terperangkap pada jaring.

Harapannya dengan aksi gerakan pengendalian ini petani mampu mengadopsi teknologi dan menerapkannya pada kebunnya sendiri, sehingga Intensitas serangan dan populasi uret tebu yang menjadi permasalahan bagi petani selama ini dapat teratasi. Erna Zahro’in/POPT BBPPTP Surabaya

Baca Juga :   SMK PP Negeri Sembawa Gelar Public Hearing Evaluasi Standar Pelayanan Publik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed