oleh

Kementan Tingkatkan Kualitas Sekolah Vokasi Lewat Pemahaman Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

 

SEMBAWA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan kualitas sekolah vokasi dibidang pertanian agar terciptanya insan pertanian yang handal. Seperti halnya SMK PP Negeri Sembawa yang melakukan kegiatan penguatan dan pemahaman sistem manajemen mutu ISO 9001:2015

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan peningkatan kinerja adalah hal penting.

“Sebagai sektor yang tumbuh positif selama pandemi, insan pertanian harus bisa meningkatkan kinerja. Karena kita berharap pertumbuhan positif pertanian bisa berdampak bagi sektor lain. Khususnya secara ekonomi,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap nantinya dengan adanya rekomendasi ini membuat insan BPPSDMP bekerja lebih maksimal.

“Tugas pertanian tidak mudah. Kita harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat. Artinya, kita pun harus meningkatkan kualitas. Dan rekomendasi ini bisa menjadi tambahan motivasi untuk bekerja lebih baik,” katanya.

SMK PP Negeri Sembawa dalam hal ini adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Pendidikan BPPSDMP pun terrus berperan aktif dalam upaya peningkatan mutu sekolah vokasi pertanian.

Sejak tahun 2018, SMK PP Negeri Sembawa telah tersertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015 oleh Internasional Quality System (IQS), minimal setiap tahunnya menggelar Audit Internal dan Audit Survelen dalam bidang Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015 oleh Internasional Quality System (IQS), sehingga mutu sekolah terjamin dengan komitmen yang ada.

Untuk meningkatkan kompetensi auditor, SMK PP Negeri Sembawa melakukan kegiatan pelatihan penguatan dan pemahaman Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015 oleh IQS (09/11).

Dalam kegiatan ini calon auditor dilatih oleh Bapak Adang Suryana selaku narasumser dari IQS Cianjur, calon auditor mendapatkan materi mengenai pemahaman standar mutu dan klausal manajemen mutu, selanjutnya calon auditor membuat pertanyaan sesuai dengan klausal dan melakukan simulasi audit yang terstandarisasi sehingga data yang diperoleh adalah data yang real dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga :   Kementan Siapkan Kemampuan Penyuluh Untuk Food Estate di Sumba

Kepala SMK PP Negeri Sembawa sangat senang dengan meningkatnya kompetensi auditor dalam memajukan manajemen sekolah untuk tercapainya sekolah yang bermutu dan berkualitas.

“SMK PP Negeri Sembawa telah tersertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 oleh Internasional Quality System (IQS) sejak tahun 2018 dan sampai sekarang, kami berkomitmen untuk menjaga mutu sekolah dan menjaga kepuasan pelanggan dalam hal ini siswa dan pihak-pihak terkait,” terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed